beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Penting, 5 Jenis Bekas Jerawat Ini Wajib Kamu Ketahui!

Anisa Kurniasih,
hampir 3 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penting, 5 Jenis Bekas Jerawat Ini Wajib Kamu Ketahui!
Image: (Image: SKINDA Medical Skin Care & Dermatology)

Jerawat seringkali menjadi masalah wajah yang mengganggu bukan hanya wanita namun juga pria.

Selain menganggu penampilan, jerawat juga bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri saat tampil di depan banyak orang.

Terkadang banyak orang yang salah mengambil tindakan untuk menghilangkan jerawat dari wajah sehingga justru menimbulkan bekas jerawat yang lebih mengganggu.

Nah ternyata bekas jerawat atau acne scar itu terbagi menjadi beberapa jenis nih guys, jadi kita juga harus mengenalinya biar enggak kaget ya.

dr. Sammy Yahya, Sp.KK , seorang dokter dari klinik kecantikan SKINDA Medical Skin Care & Dermatology mencoba untuk mengupas lebih dalam soal jenis bekas jerawat yang perlu kita ketahui.

Nah pastinya penasaran kan sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan acne scar dan bagaimana proses terjadinya?

Baca Juga: Punya Jerawat Bandel? Coba Lakukan 4 Trik Mudah Tutup Jerawat dari Ahlinya

“Acne scar atau skar jerawat merupakan sebuah masalah kulit dalam suatu proses akhir dari penyembuhan jerawat aktif yang meradang, umumnya berupa bekas jerawat berlubang atau bopeng pada kulit wajah,” ujar dr.Sammy Yahya dalam keterangannya kepada Urbanasia.

Bekas jerawat dapat cekung, menimbul, atau sama rata dengan permukaan kulit normal. Hal tersebut berkaitan dengan bertambah atau berkurangnya kolagen pada fase penyembuhan luka pasca jerawat.

Bekas jerawat yang paling umum dan di alami kebanyakan orang rupanya terbagi berbagai jenis nih, yuk kita simak penjelasannya:

1. Ice Pick Bekas jerawat ini memiliki bentuk serupa huruf V, dimana berukuran kecil (<2mm) yang mengerucut ke dalam hingga lapisan dermis dan subkutis.

2. Boxcar Bekas jerawat boxcar adalah bekas jerawat berbentuk bulat atau oval yang menyerupai huruf U, dengan permukaan yang lebar, dan mirip dengan bekas luka yang ditinggalkan akibat cacar air.

3. Rolling Jenis skar ini cenderung bergelombang, lebih lebar, dan dangkal menyerupai huruf M.

Bekas tersebut seringkali dialami oleh orang dengan jerawat aktif yang sudah lama dan bila terjadi saat usia lanjut.

4. Hypertrophic Scar Acne Scar ini sering disebut keloid atau hipertrofik. Keloid adalah bekas luka atau jaringan parut yang timbul akibat peradangan yang berlebihan dan melebihi batas luka.

5. Hyperpigmentation Scar Selain perubahan tekstur kulit, ada juga jenis bekas jerawat yang menyebabkan perubahan warna pada kulit, yaitu hyperpigmentation scar.

Tapi nggak usah khawatir ya guys karena dengan metode perawatan yang tepat, Acne Scar / bekas jerawat bisa diatasi dengan baik dan permanen.(*)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait