menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Perdana Jadi Dubber, Ini Tantangan Dion Wiyoko di Live Action 'Mulan'

Kintan Lestari,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perdana Jadi Dubber, Ini Tantangan Dion Wiyoko di Live Action 'Mulan'
Image: Dion Wiyoko saat webinar virtual Disney 'Mulan' pagi ini (19/11/2020). (Dok. Disney)

Jakarta - Live action 'Mulan' yang akan tayang perdana bulan Desember nanti bisa kalian tonton dalam versi dubbing Bahasa Indonesia loh, Urbanreaders.

Salah satu aktor yang menjadi pengisi suara atau dubber di film live avtion tersebut adalah Dion Wiyoko. Aktor 36 tahun itu menjadi pengisi suara Honghui, yang dalam film diperankan aktor Yoson An. 

Dion merasa bangga bisa bergabung dengan project ini. Dan ia mengatakan dirinya beruntung karena bisa menjadi dubber Honghui.

"I feel so lucky jadi pemeran Honghui. Yang pasti bangga banget bisa kolaborasi sama Disney. Ini jd pengalaman pertama. Tahun ini ngerasain premiere tapi jadi dubbing, ini pengalaman yang beda banget," ungkap Dion di webinar Disney Mulan pagi tadi (19/11/2020).  

Pertama kalinya menjadi dubber, tentu ada kesulitan yang dialami Dion Wiyoko. 

"Ini pengalaman pertama jadi dubber. Jadi aku mikir gimana ya untuk mengisi suara yang memang mewakili emosi Honghui. Bahasa Indonesia yang panjang begitu diartikan dari Bahasa Inggris dan durasi yang sempit jadi challenge juga," ujar Dion.

Aktor kelahiran 1984 ini mengaku latihan vokal untuk bisa mengisi suara Honghui. Lantaran baru pertama jadi dubber, Dion mengaku suaranya sempat serak usai sesi rekaman.

"Pas dubbing belajar banyak gimana cara ambil suara dari perut dan bukan tenggorokan. Proses rekamannya dijadwalkan 2 hari, tapi untungnya dalam sehari karakter aku sudah selesai. Setelah ngisi suara, suara saya serak," papar Dion.

"Dan dikasih tahu sama ahlinya kalau aku ambil suara kebanyakan dari tenggorokan, dan bukan dari perut. Jadi dikasih latihan biar nafasnya panjang dll. Ini pengalaman baru banget dan memorable," pungkasnya lagi.

Buat yang penasaran gimana suara Dion Wiyoko sebagai Honghui, tunggu penayangan perdana live action 'Mulan' pada 4 Desember mendatang ya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait