beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Peringatan Veteran Day di Texas, 2 Pesawat Perang Dunia Tabrakan di Udara

Izzah Putri Jurianto,
13 November 2022 11.33.39 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Peringatan Veteran Day di Texas, 2 Pesawat Perang Dunia Tabrakan di Udara
Image: Tabrakan Pesawat di Dallas (Foto: Nathaniel Ross Photography via AP)

Jakarta - Kabar duka datang dari Amerika Serikat di negara bagian Texas, tepatnya di kota Dallas pada Sabtu (12/11/2022). Dalam sebuah acara peringatan hari veteran, dua pesawat dari era Perang Dunia II dikabarkan bertabrakan dan terbakar. 

Menurut keterangan dari Administrasi Penerbangan Federal, ada enam orang yang berada di dalam pesawat saat kecelakaan terjadi. Namun Walikota Dallas, Eric Johnson, menyebutkan belum ada kepastian tentang rincian kecelakaan udara tersebut.

"Seperti yang sudah Anda lihat, telah terjadi tragedi di kota kita dalam sebuah air show. Banyak detail yang belum diketahui atau terkonfirmasi saat ini," tulis Walikota Eric Johnson di akun Twitternya, Urbanasia kutip pada Minggu (13/11/2022).

Melansir CBS News, jenis pesawat yang bertabrakan dalam acara Wings Over Dallas adalah Boeing B-17 Flying Fortress dan Bell P-63 Kingcobra. Publik menyaksikan bagaimana kedua pesawat tersebut bertabrakan di udara, di lokasi yang dekat dengan Bandara Eksekutif Dallas. Kecelakaan ini terjadi pada pukul 13.30 waktu setempat. 

Berita soal kecelakaan ini langsung ramai dibicarakan di media sosial. Publik yang hadir dan menyaksikan langsung kejadian tersebut mengungkapan kengerian mereka. 

"Aku hanya bisa berdiri, terkejut dan tidak percaya," kata salah satu pengunjung, Anthony Montoya yang berusia 27 tahun. "Semua orang terkejut. Semuanya menangis," tambah Anthony.

Salah satu akun Twitter mengunggah foto di lokasi kecelakaan. Foto tersebut menunjukkan kerumuman orang dengan langit berasap yang berasal dari pesawat terbakar. Netizen juga ramai berkomentar atas kecelakaan ini. Mereka bersimpati dan mengirimkan doa bagi para korban dan keluarga. 

Untuk menindaklanjuti peristiwa ini, pihak FA dan National Transportation Safety Board mengonfirmasi hendak memulai penyelidikan. 

Faktanya, pertunjukan udara semacam ini telah lama menjadi perdebatan karena keamanannya yang masih diragukan. Salah satu tragedi yang juga melibatkan kecelakaan serupa yakni di tahun 2011, ketika 11 orang penonton tewas di Reno, Nevada, akibat ditabrak oleh pesawat jenis P-51 Mustang. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait