Hot News

Cirebon - Gubernur sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil baru saja membagikan 27 PCR Portable alias mobile PCR kepada seluruh daerah di Jawa Barat, loh. 

Ridwan Kamil telah membagikan alat ini kepada seluruh bupati dan wali kota di Jawa Barat pada Minggu (30/8/2020) lalu.

Kabar bahagia itu pun ia sampaikan lewat akun Instagram pribadinya, Senin (31/8/2020). Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga mengatakan bahwa kehadiran PCR Portable diharapkan bisa menjangkau masyarakat yang ada di pelosok Jabar.

"Alat PCR jinjing ini hadir untuk menjangkau warga Jabar di desa-desa di pelosok yang terlalu jauh jika harus ke kota untuk pengetesan swab PCR," katanya, Senin (31/8/2020).

Sehingga dengan perluasan jangkauan ini diharapkan pula pemeriksaan COVID-19 dengan metode swab PCR di Jabar ikut meningkat.

"Inovasi ini dihadirkan juga agar rasio pengetesan bisa lebih banyak dan lebih maksimal sesuai standar yang dipersyaratkan," lanjutnya.

Seperti namanya, penampilan PCR Portable ini pun cukup menarik loh. Apalagi karena ukurannya yang hanya sebesar koper kecil ini makin membuat alat ini mudah dibawa ke mana saja!

1598936347-PCR-mobile-2.jpgSumber: PCR Portable. (Instagram @ridwankamil)

Nah jika merujuk ke data organisasi kesehatan dunia (WHO), Jabar harus melakukan tes swab sebanyak 500.000 atau satu persen dari jumlah penduduk. 

Namun hingga Minggu (30/8/2020) sore, data Pokibar milik Gugus Tugas COVID-19 Jabar telah melakukan tes PCR terhadap 223.287 spesimen. Untuk itu ia berharap hal ini bisa membantu Jabar meningkatkan rasio test swab dengan metode PCR ini.

"Semoga Jabar makin baik dalam merespon pandemi covid ini," tutupnya.

Untuk Urbanreaders ketahui, Pemprov Jabar saat ini memiliki 29 unit PCR Portable. Nah, 27 unit di antaranya telah dihibahkan dengan status pinjam pakai ke 27 kabupaten/kota di Jabar.

Sementara dua unit lainnya akan dimanfaatkan di Laboratorium Kesehatan Jabar untuk jaga-jaga bila ada daerah yang membutuhkan alat tambahan.


Loading ..