beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Pakai Baju Paksian Asal Babel

William Ciputra,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Pakai Baju Paksian Asal Babel
Image: Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung. (Setkab)

Jakarta - Presiden Joko Widodo akan menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). 

Dalam kesempatan kali ini, Presiden mengenakan pakaian adat Paksian asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pakaian adat yang dikenakan Presiden berwarna dominan hijau dengan motif ‘pucuk rebung’. 

Dalam unggahannya di media sosial, Presiden menjelaskan motif ‘pucuk rebung’ melambangkan kerukunan, sementara warna hijau melambangkan kesejukan, harapan, dan pertumbuhan. 

“Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian, dari Provinsi Bangka Belitung. Dengan motif pucuk rebung yang melambangkan kerukunan dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan,” kata Presiden.

Presiden tiba di Gedung DPR pada pukul 09.30 WIB dengan didampingi oleh Ibu Negara Iriana serta Wapres Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma;ruf Amin. 

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan hijab berwarna senada. Penampilan Ibu Iriana tersebut dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Agenda pada hari ini selain pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR dan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 di hadapan DPR dan DPD RI. 

Sementara pada siang harinya, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato penyampaian keterangan presiden atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait