beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Rayakan 15 Tahun, Google Maps Hadirkan Fitur dan Tampilan Baru

Afid Ahman,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rayakan 15 Tahun, Google Maps Hadirkan Fitur dan Tampilan Baru
Image: Google Maps. (Ilsutrasi/ Pixabay)

Jakarta - Google Maps kini menginjak umur 15 tahun. Merayakannya layanan pera digital ini menghadirkan fitur dan tampilan baru.

Ketika membuka aplikasi Google Maps di ponsel, kamu akan melihat perubahan pada ikonnya.

Ikon baru ini berbentuk pin, yang merupakan bagian penting dari Google Maps sejak awal, dan menunjukkan perluasan misi mereka.

“Sekarang, kami tidak sekadar membantu kamu menuju ke suatu tempat, tetapi kami juga ingin mempermudah kamu dalam menemukan tempat dan pengalaman baru,” ungkap Google dalam keterangan resminya.

Baca juga: Google Bakal Kasih Kejutan di Peluncuran Galaxy S20

Karena ketika aplikasi Google Maps, kita akan diberikan sejumlah opsi baru, yakni:

  • Jelajahi: Di sini kamu akan menemukan informasi, rating, ulasan, dan banyak lagi tentang lebih dari 200 juta tempat di seluruh dunia, termasuk restoran, objek wisata, dan bangunan menarik terdekat.

  • Perjalanan: Apakah kamu bepergian menggunakan mobil atau transportasi umum, tab Perjalanan tersedia untuk memastikan kamu mengambil rute yang paling efisien. Atur dan simpan perjalanan harian di aplikasi untuk mendapatkan info terbaru secara realtime tentang keadaan lalu lintas, lama perjalanan, dan saran rute alternatif.

  • Tersimpan: Orang-orang telah menyimpan lebih dari 6,5 miliar tempat di Google Maps—dari supermarket baru di sekitar kota sampai restoran terkenal di daerah yang akan kamu kunjungi. Sekarang kami bisa melihat semua tempat menarik ini dalam satu halaman yang mudah diakses. Kamu pun bisa menyusun rencana perjalanan dan membagikan rekomendasi berdasarkan tempat-tempat yang pernah didatangi.

text Google

  • Kontribusi: Setiap tahun ratusan juta orang mengkontribusikan informasi yang membantu Google Maps terus memperbarui data. Dengan tab Kontribusi, kamu dapat dengan mudah membagikan informasi lokal, seperti detail tentang jalan dan alamat, tempat yang belum ada, ulasan tentang suatu bisnis, dan foto. Setiap kontribusi sangatlah bermanfaat untuk membantu orang lain mencari tahu tentang tempat dan aktivitas baru.

  • Terbaru: Tab Terbaru memberi kamu informasi ten tang tempat yang sedang tren dan harus dikunjungi menurut pakar dan penerbit konten lokal, seperti The Infatuation. Selain mencari, menyimpan, dan membagikan rekomendasi dari dan kepada jaringan kamu, dan bisa langsung melakukan chat dengan bisnis untuk meminta informasi.

Bila tahun lalu, Google Maps memperkenalkan fitur prediksi kepadatan penumpang berdasarkan data perjalanan sebelumnya untuk memperkirakan seberapa ramai bus, kereta, atau MRT yang ingin dinaiki.

Baca juga: Kocak! Pria Ini Bikin Kemacetan Palsu di Google Maps

Kini kamu dapat merencanakan perjalanan dengan lebih mudah, sebab Google menambahkan informasi baru dari penumpang, yakni:

  • Suhu: Supaya perjalanan kamu lebih nyaman, periksa terlebih dulu apakah suhu akan cenderung dingin atau hangat menurut penumpang sebelumnya.

  • Aksesibilitas: Kalau kamu memiliki kebutuhan khusus atau membutuhkan dukungan tambahan, kamu sekarang bisa mengetahui transportasi umum mana yang menyediakan staf pembantu, pintu masuk dan kursi untuk difabel, tombol stop yang mudah diakses, atau LED bervisibilitas tinggi.

  • Kereta Perempuan: Cari tahu dengan mudah apakah tersedia gerbong atau area khusus perempuan.

  • Fasilitas Keamanan: Periksa apakah tersedia fasilitas keamanan agar kamu bisa merasa tenang—apakah itu petugas keamanan, kamera pengawas, atau alat komunikasi untuk meminta pertolongan.

  • Jumlah gerbong yang tersedia: Khusus di Jepang, Anda bisa memilih rute berdasarkan jumlah gerbong yang tersedia untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan tempat duduk.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait