Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Rencana WFO 100%, Menaker: Aktivitas Kerja Akan Dimonitor Lewat PeduliLindungi

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rencana WFO 100%, Menaker: Aktivitas Kerja Akan Dimonitor Lewat PeduliLindungi
Image: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (YouTube/DPN APINDO)

Jakarta - Sejak beberapa waktu lalu, rencana pemerintah untuk menerapkan work from office (WFO) 100 persen telah jadi pembicaraan hangat.

Terbaru, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan soal rencana tersebut dalam Rakornas Apindo ke-31 yang digelar secara virtual pada Selasa (24/8/2021).

Ida mengungkapkan, saat tiba waktunya nanti pemerintah membuka WFO 100 persen, aplikasi PeduliLindungi akan menjadi alat yang penting untuk mengendalikan aktivitas bekerja di perusahaan. Aplikasi ini pun akan mulai digunakan dalam tahap uji coba (piloting) WFO 100 persen.

“Aplikasi ini (PeduliLindungi) akan menjadi instrumen vital proses piloting pelaksanaan kerja 100 persen di beberapa perusahaan, terutama dalam memonitor dan mengendalikan aktivitas bekerja di perusahaan,” kata Ida.

“Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bersifat realtime, terpadu, dan disimpan menjadi sebuah big data di Kementerian Komunikasi dan Informasi. Upaya lainnya adalah dengan mempercepat program vaksinasi bagi pekerja yang mana akan menjadi salah satu prasyarat utama bagi berbagai aktivitas saat ini, termasuk dalam hal bekerja. Oleh karena itu semua pekerja atau buruh harus segera diberikan vaksinasi,” jelasnya lebih lanjut.

Kendati demikian, Ida tak menjelaskan lebih detail terkait maksud dari memonitor aktivitas bekerja tersebut. Namun ia memastikan bahwa saat ini pemerintah tengah menyusun peta jalan kebijakan dalam rangka menyikapi kondisi ke depan, dari skala pandemi menjadi endemi.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, maka kita semua harus bersiap-siap bangkit serta memasuki masa endemi di mana kita harus terbiasa melanjutkan hidup berdampingan dengan virus COVID-19. Tentu dengan terus menjaga imunitas jiwa dan raga kita serta selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pemerintah sedang menyiapkan roadmap memasuki masa endemi ini,” tutupnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait