Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Resmi! Ini 15 Aplikasi yang Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Afid Ahman,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resmi! Ini 15 Aplikasi yang Terintegrasi dengan PeduliLindungi
Image: Aplikasi PeduliLindungi. (Instagram @kemenkominfo)

Jakarta - Kementerian Kesehatan resmi mengumumkan 15 aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi.

Alhasil masyarakat tak perlu menginstall ataupun membuka aplikasi PeduliLindungi untuk scan QR code ketika mengakses ruang publik.

"Diharapkan kasus positif bisa sangat cepat diketahui, dan siapa saja yang ada di tempat tersebut, pada waktu tersebut akan sangat membantu proses tracing," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dikutip Kamis (7/10/2021).

Kelimabelas aplikasi yang terintegrasi PeduliLindungi meliputi:
1. Gojek
2. Grab
3. Tokopedia
4. Traveloka
5. Tiket.com
6. Dana
7. Livin' by Mandiri
8. CInema XXI
9. LinkAja!
10. GOERS
11. JAKI, 
12. Shopee
13. Loket.com
14.  BNI Mobile
15.  MCash

Budi mengatakan Kemenkes mulai mencoba mengintegrasikan PeduliLindungi dengan enam aktivitas masyarakat, yaitu perdagangan, transportasi, pariwisata, perkantoran, pendidikan, dan keagamaan.

"PeduliLindungi secara agresif atau bertahap akan kita implementasikan ke enam aktivitas utama tadi untuk screening, tracing, dan prokes," terang Budi.

Tak hanya itu, Kemenkes bakal memperbanyak jumlah aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi. Ditargetkan sebanyak 35 aplikasi dalam waktu dekat.

Namun, Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji belum mau membeberkan secara rinci 35 aplikasi yang bakal terintegrasi dengan PeduliLindungi tersebut. 

Dia hanya menyebutkan kalau 35 aplikasi itu ada yang berlatar belakang kesehatan, perbankan, hingga perjalanan. Saat ini tengah dalam tahap tes keamanan dan administrasi .

"Memang selain 15 aplikasi yang saat ini kita luncurkan, masih ada beberapa mitra lain yang sedang berproses yang sedang tes secara keamanan, kemudian proses administrasi," ujarnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait