beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Resmi, Jamaah Umroh Tidak Wajib Vaksin Meningitis

William Ciputra,
16 November 2022 10.11.54 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resmi, Jamaah Umroh Tidak Wajib Vaksin Meningitis
Image: Ilustrasi - Vaksin Meningitis. (Freepik)

Jakarta - Vaksin meningitis tidak lagi menjadi syarat wajib bagi jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh. Namun, vaksin ini tetap wajib bagi jamaah haji.

Keputusan ini diketahui melalui Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C.I/9325/2022 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jemaah Haji dan Umroh yang diterbitkan pada 11 November 2022. 

“Vaksinasi Meningitis Meningokokus merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan tidak menjadi keharusan bagi mereka yang datang menggunakan visa umroh,” bunyi poin pertama dalam salinan SE yang dilihat Urbanasia, Rabu (16/11/2022).

Namun demikian, pemerintah tetap menerima masyarakat yang ingin vaksin meningitis sebagai perlindungan kesehatan tambahan sebelum bepergian ke luar negeri. 

Selain itu, pemerintah tetap menganjurkan jamaah umroh yang memiliki komorbid untuk tetap vaksinasi meningitis dan vaksinasi lain di fasilitas vaksinasi internasional. 

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Muhammad Syahril mengatakan, vaksinasi meningitis ini sangat penting sebagai bagian dari perlindungan dan pencegahan penyakit berbahaya. 

“(Untuk itu, red) bagi jamaah yang memiliki komorbid tetap direkomendasikan melakukan vaksinasi meningitis,” katanya, mengutip laman Kemkes, Rabu. 

Diketahui, selama ini Vaksinasi Meningitis Meningokokus merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan visa umroh.

Persyaratan ini sebagai bagian dari upaya pemberian perlindungan sekaligus pencegahan terhadap penularan suatu penyakit.

Namun berdasarkan nota diplomatik Kedutaan Kerajaan Arab Saudi tanggal 7 November 2022 dan surat dari Kementerian Luar Negeri nomor 211-1246, pemerintah Arab Saudi memberikan pelonggaran salah satunya vaksinasi meningitis yang tidak lagi diwajibkan bagi jemaah umrah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait