Hot News

Jakarta - Piala AFF tak jadi dihelat akhir tahun ini. Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) akan mengundurkan ke tahun depan gara-gara pandemi virus corona.

Sejatinya turnamen dua tahunan ASEAN itu akan dihelat 23 November hingga 31 Desember 2020. Karena ada pandemi virus corona, format kandang-tandang di fase grup seperti dua tahun lalu diganti dan menunjuk Vietnam sebagai tuan rumah seperti format lama.

Masalahnya Vietnam dianggap sebagai negara yang paling aman menggelar Piala AFF mengingat angka kasus COVID-19 di negara itu rendah. Tapi, rencana itu lagi-lagi harus diubah setelah AFF menggelar rapat darurat, Senin (27/7/2020) kemarin.

Ini setelah ditemukannya kasus COVID-19 baru di Vietnam sehingga kompetisi olahraga di sana, termasuk Liga Vietnam dihentikan lagi. Maka dari itu AFF memutuskan untuk memindahkan turnamen itu ke tahun 2021. Setelah itu AFF akan mengadakan rapat darurat lagi untuk finalisasi keputusan nasib turnamen.

"Kemarin (AFF) menanyakan ke Indonesia (Piala AFF) pindah ke Februari atau Maret (2021). Tapi kami sedang persiapan Piala Dunia (U-20 2021) dan dekat dengan Idul Fitri juga (12/13 Mei 2021)," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan,

"Sehingga kemarin tanggal baru Piala AFF belum diputuskan kapan, masih akan meeting kapan kira-kira kapan waktu yang pas. Karena ketika ditawarkan ke Indonesia, dari PSSI bahwa pertama opsi Februari-Maret sudah mau puasa (12-13 April)," sambungnya.

"Yang kedua kami juga sedang fokus persiapan Piala Dunia. Iya batal, tapi kapannya belum. Nanti dipastikan tanggal 30 (Juli) meeting lagi."

PSSI akan menyerahkan keputusan akhir kepada AFF terkait waktu perhelatan Piala AFF nanti. Tapi, mereka mensyaratkan agar penyelenggaraan turnamen tidak berbarengan dengan bulan Ramadan serta Idul Fitri dan terutama Piala Dunia U-20 2021.

"Belum tak memberikan opsi, semua tergantung mereka. Apakah sebelum atau setelah Piala Dunia, terserah mereka," tutup Yunus Nusi.


Loading ..