beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Ribuan UMKM Diajak ‘Naik Kelas’ Melalui Legendary Brand Festival 2023

William Ciputra,
11 November 2022 17.42.03 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ribuan UMKM Diajak ‘Naik Kelas’ Melalui Legendary Brand Festival 2023
Image: Kickoff pembukaan Legendary Brand Festival di Sarinah, Jakarta, Kamis, 10 November 2022. (Urbanasia/William)

Jakarta - Usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu tonggak perekonomian Indonesia. Terlebih, Indonesia dan dunia sedang menghadapi ancaman resesi global yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2023 mendatang. 

Untuk itu, UMKM Indonesia perlu terus meningkatkan kapasitas dan inovasi. Hal ini yang coba dilakukan dalam event ‘Legendary Brand Festival’, yang akan digelar pada Februari 2023 mendatang. 

‘Legendary Brand Festival’ ini diselenggarakan oleh Shipper sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan jasa logistik dan gudang digital. Shipper turut menggandeng beberapa pihak seperti Paragon Technology, USS Networks, e.ko.lab Kemenko Perekonomian. 

Menurut Co Founder Shipper, Budi Handoko, festival ini akan menjadi katalisator antara brand besar yang sudah mapan dengan pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kapasitas dalam menghadapi risiko ekonomi di 2023. 

“Shipper akan mempertemukan brand legendaris yang sudah mapan dengan UMKM untuk berbagi strategi dan peluang bisnis dalam Legendary Brand Festival pada Februari 2023 nanti,” kata Budi dalam pembukaan Legendary Brand Festival di Sarinah, Jakarta, Kamis (10/11/2022). 

Apa itu Legendary Brand Festival?

Legendary Brand Festival bakal digelar secara hybrid, Guys. Nantinya akan ada beberapa kegiatan di dalamnya, seperti konferensi, mentoring, pameran, live selling, hingga penganugerahan penghargaan. 

1668076742-Legendary-Brand.JPGDialog legendary brand dalam pembukaan Legendary Brand Festival. (Istimewa)

Menurut Budi, nantinya akan ada 10.000 UMKM/brand yang akan bergabung dalam Legendary Brand Festival. Dari jumlah itu, 70 persen di antaranya merupakan pelaku usaha dari daerah. 

Para pelaku UMKM ini akan mendapat akses perluasan pasar secara offline di pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta, branding skala nasional, dan kolaborasi dengan brand legendaris maupun sesama pelaku UMKM. 

Sementara dari segi rangkaian acara, festival ini akan meliputi exhibition yang mempromosikan produk UMKM terpilih, mentoring 1.500 UMKM terpilih, hingga live selling di TikTok bersama 100 UMKM lain di seluruh Indonesia. 

Selain itu, ada conference sebagai wadah untuk para brand legendaris membagikan success story mereka, dan Awarding Night sebagai apresiasi ‘Pahlawan Ekonomi Indonesia’ untuk beberapa brand atau UMKM legendaris. 

Harapan Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut hadir dalam pembukaan Legendary Brand Festival, Kamis. 

Dalam pemaparannya, Sandi mengatakan bahwa UMKM merupakan pahlawan ekonomi Indonesia yang berkontribusi sebanyak 61,07 persen terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) 2021. 

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Shipper dengan Legendary Brand Festival menemani para UMKM berjuang menghadapi tantangan ekonomi 2023,” kata Sandi. 

Dengan adanya festival ini, pihaknya berharap UMKM bisa semakin semangat dan terus bertumbuh dengan dukungan program digitalisasi onboarding yang tepat sasaran. 

Selain itu, ia juga berharap adanya festival ini membuat semakin banyak UMKM yang menghasilkan produk ekonomi kreatif dengan memanfaatkan sumber daya lokal dalam menciptakan lapangan kerja. 

Sebagai informasi, acara Road to Legendary Brand Festival ini akan dilanjutkan dengan Webinar Roadshow UMKM Nasional di 10 kota selama Januari-Februari 2023.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait