beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

RSUD Dr Soetomo Buka Lowongan Relawan Transporter dan Pemulasaran Jenazah

Nivita Saldyni,
1 Juli 2021 13.42.02 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
RSUD Dr Soetomo Buka Lowongan Relawan Transporter dan Pemulasaran Jenazah
Image: RSUD dr. Soetomo Surabaya. (rsudrsoetomo.jatimprov.go.id)

SurabayaRSUD Dr Soetomo selama ini melayani pemulasaraan jenazah pasien COVID-19, baik yang meninggal di RSUD Dr Soetomo itu sendiri, kiriman dari Dinas Sosial, serta sejumlah Puskesmas di Surabaya dan sekitarnya. Namun tingginya lonjakan kasus COVID-19 saat ini membuat kebutuhan tenaga transporter dan pemulasara jenazah di RSUD Dr Soetomo ikut meningkat.

Oleh sebab itu, demi memberikan pelayanan jenazah yang layak di tengah lonjakan kasus COVID-19, RSUD Dr Soetomo membuka lowongan relawan transporter dan pemulasaran jenazah.

“Dalam upaya memberikan pelayanan jenazah yang layak dimana peran pemulasara dan transporter jenazah sangat diperlukan, maka RSUD Dr Soetomo membuka lowongan relawan transporter dan pemulasara jenazah sebanyak 15 orang,” tulis manajemen RSUD Dr Soetomo dikutip dari keteranganresminya, Kamis (1/7/2021).

Adapun kriteria relawan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Laki-laki, sehat jasmani dan rohani

2. Usia maksimal 35 tahun

3. Pendidikan minimal SMA sederajat

Apakah Urbanreaders di Surabaya dan sekitarnya ada yang tertarik dan memenuhi kriteria tersebut? Jika memang kamu berminat, kamu bisa langsung mengirimkan lamaran ke email [email protected]. Lowongan ini sendiri sudah dibuka sejak Selasa (29/6/2021) lalu.

“Nantinya, para calon relawan yang memenuhi kriteria akan diberikan pelatihan dasar pemulasaraan dan transport jenazah penyakit menular hingga aman bagi yang bersangkutan dan orang di sekitarnya,” jelas pihak manajemen.

Untuk kamu ketahui pula, mulai Januari hingga 28 Juni 2021, RSUD Dr Soetomo telah menerima 93 jenazah. Dari jumlah tersebut, minggu-minggu terakhir Juni jadi penyumbang terbanyak.

“Di RSUD Dr Soetomo terjadi peningkatan pemulasaraan jenazah pada minggu-minggu terakhir bulan Juni 2021 dengan rata-rata 15-20 jenazah per hari. Hal ini tentu memakan waktu yang lama dalam penyelesaian pemulasaraan yang rata-rata tiap hari jenazah memerluka waktu 1,5 hingga 2 jam,” jelas pihak manajemen.

Oleh sebab itu saat ini pihak rumah sakit telah menyiapkan ruang khusus di Bagian Forensik yang diberinama ‘Depo Jenazah’ untuk mempercepat layanan. Di sanalah jenazah-jenazah tersebut diidentifikasi dan dilakukan pemulasaraan, termasuk disolatkan dengan urutan berdasarkan waktu kematian.

“RSUD Dr Soetomo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Surabaya untuk mempercepat layanan dengan mengupayakan tempat pemulasaraan terpisah. Selain hal tersebut, penyediaan peti mati dan ambulans juga ditambah dengan menyewa ambulans swasta,” tutupnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait