menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Sama-sama Nikmat, Ini Bedanya Kopi Cappuccino, Latte, dan Flat White

Itha Prabandhani,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sama-sama Nikmat, Ini Bedanya Kopi Cappuccino, Latte, dan Flat White
Image: Ilustrasi minum kopi susu. (Freepik)

Jakarta - Cappuccino, latte, dan flat white, biasanya adalah menu go-to yang sering jadi andalan saat ngopi di kafe. Ketiganya terlihat sama dan juga terbuat dari dua bahan yang sama, yaitu textured milk dan espresso. Lalu apa bedanya cappuccino, latte, dan flat white?

Meski sama-sama terbuat dari espresso dan susu, yang membedakan ketiga minuman ini adalah jumlah takaran susu dan banyaknya foam yang ditambahkan ke dalam espresso, guys.

Banyaknya susu yang ditambahkan dalam minuman ini, akan menentukan rasanya. Karenanya, cappuccino, latte, dan flat white, akan memiliki rasa yang berbeda. Nah, para pecinta kopi susu mesti mengenali perbedaan di antara ketiganya, biar bisa memilih yang paling sesuai dengan selera.

Cappuccino

1601198233-kopi-susu-capucino.jpgSumber: Freepik

Minuman yang berasal dari Italia ini terkenal dengan lapisan atasnya yang berupa froth atau busa susu yang biasanya di-garnish dengan bubuk coklat. Komposisi cappuccino terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 steamed milk, dan 1/3 milk froth.

Jadi, takaran di antara ketiga bahannya adalah 1:1:1. Untuk bisa mengenali cappucino, biasanya kamu akan merasakan foam yang agak bold di tegukan pertama, lalu diikuti kopi dengan rasa susu yang kuat setelahnya. Cappucino juga biasanya tidak memakai art di permukaannya.

Latte

1601198245-latte.jpgSumber: Freepik

Latte lebih cocok buat kamu yang menyukai rasa kopi susu yang sangat milky. Kunci utama dalam membuat latte adalah pada proses memanaskan susunya. Susu biasanya akan dipanaskan hingga mencapai temperatur tertentu dan menghasilkan micro foam. Foam dalam latte biasanya cenderung halus dan tidak tebal.

Minuman ini dibuat dengan komposisi double shot espresso (sekitar 60 ml), secangkir susu panas, dan micro foam kira-kira setebal 1 cm di lapisan atasnya. Saat diteguk, kamu akan langsung merasakan kopi yang terasa begitu milky. Latte juga biasanya dihiasi dengan berbagai art yang menarik di permukaannya.

Flat White

1601198260-flat-white.jpgSumber: Freepik

Jenis kopi susu yang satu ini dibuat dengan banyak variasi, tergantung pada di mana kamu menikmatinya. Beberapa barista akan menggunakan takaran susu yang lebih sedikit dibandingkan dengan latte.

Flat white disajikan dengan foam yang lebih sedikit daripada latte. Bahkan juga ada yang menyajikan flat white tanpa foam sama sekali.

Berbeda dengan latte, saat menikmati flat white, kamu akan merasakan kopi yang kuat, disertai sedikit rasa lembut dari susunya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait