menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Sambut Lebaran, Ini 4 Kreasi Kerajinan Tangan yang Bisa Kamu Ciptakan

Nivita Saldyni,
2 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sambut Lebaran, Ini 4 Kreasi Kerajinan Tangan yang Bisa Kamu Ciptakan
Image: Dekorasi lebaran. (Pinterest/AngelDesign)

Jakarta - Nggak terasa kita sudah ada di 10 hari terakhir Ramadan nih Urbanreaders. Sebagian dari kalian mungkin sudah ada yang bersiap-siap menyambut lebaran, seperti membuat kue untuk stok di rumah atau mengirim bingkisan ke orang-orang terdekat.

Untuk kamu yang suka membuat kerajinan tangan, hobi satu ini bisa sangat membantu kamu mempersiapkan lebaran jadi menarik loh. Nggak percaya? Urbanasia rekomendasikan empat kreasi kerajinan tangan yang bisa kamu buat sendiri untuk menyambut lebaran:

1. Desain box untuk bingkisan lebaran

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya umat muslim di Indonesia punya tradisi berbagi bingkisan untuk saudara, teman, ataupun orang-orang terdekat. Mulai dari makanan, alat ibadah, sampai produk perawatan kecantikan bisa dijadikan bingkisan untuk lebaran.

Nah untuk Urbanreaders yang juga ingin kirim bingkisan lebaran, kamu bisa loh membuat atau menghias box bingkisan ini sendiri sesuai dengan gaya kamu. Selain lebih cantik, box bingkisan yang dibuat sendiri bisa memberikan kesan tersendiri untuk si penerima. Kamu pun bisa berkreasi dengan kertas karton, kertas kado, pita warna-warni dan bahan-bahan lainnya.

2. Membuat kartu ucapan lebaran

1620046963-kartu-capan-lebaran---YouTube.jpegKartu lebaran. (YouTube/SK art and craft)

Nah, kalau kamu berniat mengirim bingkisan, selipkan juga kartu ucapan, guys. Kamu bisa membuat dan menghiasnya sendiri dengan ikon-ikon khas lebaran, seperti ketupat, bulan sabit, atau lainnya.

Caranya pun mudah, kamu bisa melukisnya sendiri atau menghiasnya dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti gliter, stiker, pita, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa membuat kartu ucapan berbentuk pop-up emudian tinggal tuliskan ucapan dan pesan kamu di dalamnya.

3. Membuat amplop khusus untuk lebaran

1620047015-amplop-lebaran---pinterest---ing.jpegAmplop lebaran. (Pinterest/ing)

Saat lebaran tiba, biasanya kita akan bersilaturahmi ke sanak saudar atau pun tetangga. Saat silaturahmi biasanya akan kamu akan memberi atau mungkin menerima hadiah uang. Nah bagi-bagi uang ini jadi kegiatan yang cukup populer selama Idul Fitri.

Untuk itu kamu perlu amplop yang cantik untuk nih. Kamu bisa membuat desain lebih dulu, lalu print dan buat sendiri amplop lebaranmu. Kamu juga bisa mencari inspirasi desain amplop lebaran secara online dan sesuaikan dengan gayamu sendiri.

4. Dekorasi rumah dengan suasana lebaran

1620047057-dekorasi-lebaran-pinterest-AngelDesign.jpegDekorasi lebaran. (Pinterest/AngelDesign)

Saat lebaran tiba biasanya akan ada saudara atau tetangga yang datang. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini, kegiatan tatap muka sajgat dibatasi. Untuk itu pemerintah menyarankan agar silaturahmi saat lebaran kali ini digelar secara virtual.

Meski dilaksanakan secara virtual, gak ada salahnya loh mempercantik rumah dengan dekorasi-dekorasi unik an menarik khas Idul Fitri. Misalnya membuat anyaman ketupat dari pita, menyiapkan toples kue, membuat pajangan dari kain flanel atau kertas lipat, melukis kaligrafi, hingga hiasan dinding dari kertas kipas.

Nah itu dia empat inspirasi kreasi kerajinan tangan untuk kamu. Selain membuat makin semangat sambut lebaran, membuat kerajinan tangan ini bisa membantu kamu menghabiskan waktu luas di tengah puasa. Minat memcobanya sendiri? 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait