Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Sejarah Hari Ayah Nasional Setiap 12 November

Indi Lusiani,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sejarah Hari Ayah Nasional Setiap 12 November
Image: Ilustrasi Ayah. Sumber: Freepik

JakartaHari Ayah Nasional dirayakan setiap tanggal 12 November di Indonesia. Momen ini tentunya digunakan para anak untuk menuturkan ucapan terimakasih kepada ayah, karena telah mendidik dan membesarkannya.

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Hari Ayah di Indonesia lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Bermula di tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Acara ini disambut antusias oleh peserta sehingga menanyakan "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi". 

Pertanyaan tersebut lantas membuat PPIP ingin mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia.

PPIP berusaha untuk mencari informasi tentang Hari Ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta. Mereka mencari tahu kapan Hari Ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan Hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah. Namun saat itu PPIP tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Hingga pada 12 November, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'. Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT.

Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Selepas deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Usai deklarasi ini, setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Berbeda dengan beberapa negara lain, peringatan Hari Ayah ditetapkan pada 12 Juni. Meskipun memiliki perbedaan tanggal, keduanya tetap menjadi momen yang berharga untuk menengok kembali peran dan jasa seorang ayah dengan memberinya sebuah penghargaan khusus dalam satu hari.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait