Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Sejarah, Tema dan Link Twibbon Hari Anak Sedunia 2021

Shelly Lisdya,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sejarah, Tema dan Link Twibbon Hari Anak Sedunia 2021
Image: Freepik

Jakarta - Hari ini, Sabtu, 20 November 2021 diperingati sebagai Hari Anak Sedunia atau Universal Children's Day.

Sejarah Hari Anak Sedunia, pertama kali ditetapkan pada tahun 1954 dan dirayakan pada tanggal 20 November setiap tahun untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak. 

Mengutip dari laman United Nations, tanggal 20 November merupakan tanggal yang penting karena pada tahun 1959 Majelis Umum PBB mengesahkan Deklarasi Hak Anak. Ini juga merupakan tanggal pada tahun 1989 ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak. 

Sejak tahun 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak. 

Hari Anak Sedunia menawarkan kita masing-masing titik masuk inspirasional untuk mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak, menerjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak. 

1627006497-kids-1093758-1920.jpgSumber: Ilustrasi Anak-Anak. (Pixabay/klimkin)

National Today juga menuliskan jika Hari Anak Sedunia dimulai pada pekan kedua bulan Juni 1857 oleh Pendeta Dr. Charles Leonard dari Universalist Church of the Redeemer di Chelsea, Massachusetts.

Leonard mengadakan kebaktian khusus yang didedikasikan untuk, dan untuk anak-anak. Leonard pun menamai hari itu Rose Day, dan kemudian dinamai Flower Sunday, dan kemudian dinamai Hari Anak.

Sementara untuk tema tahun ini adalah Masa Depan yang Lebih Baik untuk Setiap Anak (A Better Future for Every Child).

Pandemi COVID-19 telah menunjukkan bagaimana ketidaksetaraan mempengaruhi hak setiap anak. Dari perubahan iklim, pendidikan dan kesehatan mental, hingga mengakhiri rasisme dan diskriminasi, anak-anak dan remaja menyuarakan isu-isu yang penting bagi generasi mereka dan menyerukan orang dewasa untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. 

Pada Hari Anak Sedunia ini, lebih penting dari sebelumnya bahwa para pemimpin mendengarkan ide dan tuntutan mereka. Anak-anak membayangkan kembali dunia yang lebih baik. Apa yang akan kamu lakukan? 

Berikut link Twibbon Hari Anak Sedunia:

1. https://twb.nz/anaksedunia
2. https://twb.nz/harianakseduniaabror
3. https://twb.nz/harianakseduni2021
4. https://twb.nz/ap3worldchildrensday
5. https://twb.nz/sbitemaharianak2021

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait