menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Sejuknya Telaga Sarangan di Kota Kecil Magetan

Shelly Lisdya,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sejuknya Telaga Sarangan di Kota Kecil Magetan
Image: Telaga Sarangan. (Instagram @telagasarangan)

 

Jakarta - Guys, kalian pernah berkunjung ke Magetan, Jawa Timur? Nah, jika kalian sedang berada di kota kecil perbatasan Jawa Tengah ini, sebaiknya mampir ke wisata andalan Telaga Sarangan. 

Telaga Sarangan, juga dikenal sebagai Telaga Pasir adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu.

Nah, ketika kamu berkunjung antara siang hingga sore hari, kamu akan merasakan hawa dingin dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat celsius. 

1618989976-Screenshot-20210421-141344-Instagram.jpgSumber: Telaga Sarangan. (Instagram @telagasarangan)

Sembari berwisata kamu bisa membeli oleh-oleh di kios cendera mata, kamu juga bisa menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat. 

Fasilitas objek wisata lainnya pun tersedia, seperti rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, tempat ibadah dan taman.

Baca juga: 6 Museum di Surabaya Dibuka, Begini Syarat dan Ketentuannya

Menariknya, pada zaman dahulu, ada mitos bahwa pulau kecil yang ada di telaga ini dihuni dan dijaga oleh sosok sakti yang memiliki tunggangan harimau putih. Tak hanya itu, telaga ini juga dijaga oleh dua naga.

Dari cerita warga sekitar, keberadaan Telaga Sarangan bermula dari kisah kehidupan sepasang naga yang hingga kini dipercaya menjadi penunggunya. 

Kedua naga tersebut diketahui merupakan jelmaan sepasang suami istri yang dulu tinggal di sekitar kawasan Telaga Sarangan. Sepasang suami istri tersebut adalah Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Keduanya tiba-tiba menjelma menjadi dua naga besar usai memakan sebutir telur yang mereka dapatkan setelah melakukan semedi di tengah hutan, guna memohon kemudahan hidup kepada yang maha kuasa.

Cerita mitos atau legenda tersebut boleh atau tidak dipercayai ya Urbanreaders. Yang pasti, dilihat dari pemandangan alam dan suasananya, Telaga Sarangan tetap wajib dikunjungi kalau kalian lagi di Magetan.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait