Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Sejumlah Stasiun di Jatim Bakal Sediakan Sentra Vaksinasi COVID-19

Nivita Saldyni,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sejumlah Stasiun di Jatim Bakal Sediakan Sentra Vaksinasi COVID-19
Image: Vaksinasi di stasiun. (Instagram @kai121)

Surabaya - Kabar bahagia untuk Urbanreaders di Jawa Timur (Jatim). Pasalnya dalam waktu dekat ini, akan ada sejumlah stasiun di Jatim yang akan melayani vaksin.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya untuk menyiapkan sentra vaksinasi COVID-19 di beberapa stasiun.

Sejumlah stasiun itu di antaranya Stasiun Jember yang sudah memiliki sentra vaksinasi, serta tiga stasiun lain yang masih dalam persiapan di antaranya Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi dan Malang.

"Sudah ada beberapa stasiun yang sudah memiliki fasilitas ini, salah satunya di Jatim adalah di Kabupaten Jember," kata Emil seperti dikutip Urbanasia dari keterangan resminya, Selasa (6/7/2021).

"Untuk langkah awal (di Stasiun Gubeng Surabaya) akan disiapkan tenaga vaksinator terlebih dahulu dan satu tenaga screening. Paling cepat, besok sudah mulai diterapkan," imbuhnya. 

Emil menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di stasiun bakal mengandalkan tenaga kesehatan (nakes) dari klinik KAI. Oleh karena itu, Emil mengaku masih ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Surabaya Gubeng. Sebab masih ada 10 dari 11 nakes di Stasiun Surabaya Gubeng yang tengah melakukan isolasi mandiri.

"Insya Allah dengan ada satu nakes ini, tadi kami sudah berkomunikasi lewat Dinkes Provinsi dan Kota Surabaya dan disambut baik. Memang tenaga kesehatan di Surabaya saat ini semua sedang fokus melakukan vaksinasi massal supaya tercapai targetnya. Apalagi saat ini usia 12 - 17 tahun juga bisa divaksinasi," jelasnya lebih lanjut.

Sambil berjalan, Pemprov Jatim bersama PT KAI Daop 8 Surabaya juga mempersiapkan sentra vaksin di Stasiun Pasar Turi Surabaya dan Stasiun Malang.

"Oleh karena itu KAI Daop 8 Surabaya akan segera berkoordinasi dengan Kadinkes. Kami akan tembusi dan ikut mengawal," pungkasnya.

Sementara itu, Manager Humas PT. KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arief menyampaikan pihaknya telah menyiapkan lokasi vaksinasi yang direncanakan akan ditempatkan di sisi depan teras Stasiun Gubeng Surabaya.
 
"Lokasi dan infrastruktur sudah kami siapkan. SDM sudah siap, hanya tinggal vaksin dan itu diluar kemampuan dan kewenangan KAI. Oleh karena itu kami berkoordinasi dengan Dinkes sesuai dengan arahan Pak Wagub. Kami akan tindak lanjuti," kata Luqman.

Dalam pelaksanaannya, sentra vaksin di stasiun ini akan diampu puskesmas terdekat. Sehingga PT KAI Daop 8 Surabaya akan berkoordinasi dengan puskesmas terdekat untuk suply vaksin dan P-Care (aplikasi vaksin).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait