beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Selain Pakai Skincare, Ini 10 Kebiasaan Biar Kulit Tetap Glowing

Itha Prabandhani,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Selain Pakai Skincare, Ini 10 Kebiasaan Biar Kulit Tetap Glowing
Image: Ilustrasi perawatan kulit. (Freepik)

Jakarta - Rutinitas perawatan wajah memang harus dilakukan dari dalam dan dari luar, guys. Perawatan dari luar salah satunya melalui penggunaan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Kalau kamu rajin dan telaten merawat wajah, kamu telah membantu kulit melakukan proses regenerasi, menjaga kelembapannya, sekaligus melindunginya dari efek buruk debu dan sinar matahari.

Tapi, apakah rajin menggunakan skincare aja cukup? Sayangnya nggak, guys. Demi wajah mulus dan glowing, kamu juga perlu membiasakan diri untuk menjaga kulit kamu dengan perawatan lain.

Eittts, jangan sedih dulu. Kebiasaan sehari-hari yang tampak sepele, bisa sangat membantu kesehatan kulit kamu, loh. Berikut beberapa hal simpel yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat.

1. Batasi Paparan Sinar Matahari

1604299016-batasi-sinar-matahari.jpgSumber: Freepik

Kita semua setuju ya kalau sinar matahari punya efek buruk buat kulit, terutama dari sinar UVA dan UVB-nya? Karena itu, kamu perlu membatasi paparan sinar matahari secara langsung, agar tidak terlalu lama menyengat kulitmu, guys.

Jika kamu sering beraktivitas di luar, gunakan topi yang akan melindungi kulit wajahmu. Gunakan juga baju yang tertutup untuk melindungi kulit bagian tubuh yang lain. Selain itu, usahakan untuk beraktivitas di tempat yang teduh.

2. Cukup Minum Air Putih

1604299044-minum-air.jpgSumber: Freepik

Air putih akan membantu sirkulasi darah kamu tetap lancar, sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Jaga asupan air putih harian kamu dalam takaran ideal, yaitu sekitar 1,5 liter per hari. Sesuaikan juga dengan berat badan dan aktivitas harianmu ya? Makin banyak kamu mengeluarkan keringat, makin banyak pula cairan yang mesti masuk ke dalam tubuhmu.

3. Tidak Menyentuh Wajah

1604299070-jangan-sentuh-wajah.jpgSumber: Freepik

Meski terlihat sepele, sering menyentuh wajah bakal bisa bikin jerawatan loh, guys. Tanpa disadari, tangan kita mengandung banyak bakteri, kuman, serta kotoran. Jika kotoran bercampur bakteri menutup pori-pori, maka bakal ‘lahirlah’ jerawat-jerawat di wajahmu.

4. Rutin Mencuci Alat Makeup

1604299102-cuci-alat-makeup.jpgSumber: Freepik

Peralatan makeup utamanya brush dan beauty blender, mesti rajin-rajin kamu cuci. Gunakan sabun cuci tangan atau sabun mandi untuk membersihkannya, lalu keringkan dengan benar. Alat makeup yang kotor dan lembap bisa menjadi sarang bakteri yang akan memindahkan kuman dan penyakit ke wajahmu.

5. Rajin Berolahraga

1604299243-olahraga-(2).jpgSumber: Freepik

Olahraga yang rutin akan membuat badan kamu tetap fit dan imunitas pun terjaga. Olahraga akan mengaktifkan sistem saraf dan melancarkan peredaran darah, sehingga kulit kamu akan tampak lebih segar.

6. Hindari Rokok

1604299285-hindari-rokok.jpgSumber: Freepik

Rokok dan asapnya mengandung jutaan racun yang bakal merusak sel-sel kulit kamu. Selain terlihat kusam, kulit yang terpapar nikotin dan zat beracun lainnya di dalam rokok, akan lebih cepat mengalami penuaan.

7. Istirahat yang Cukup

1604299340-istirahat.jpgSumber: Freepik

Kulit yang kusam dan tampak tidak sehat, salah satunya karena tidur yang tak berkualitas. Karena itu, pastikan bahwa kamu beristirahat dengan cukup. Atur jadwal tidurmu dengan baik dan kondisikan kamar tidur agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

8. Perhatikan Nutrisi

1604299381-nutrisi.jpgSumber: Freepik

Asupan makanan juga bakal berpengaruh pada kesehatan kulit loh, guys. Karena itu, perhatikan keseimbangan gizi dan nutrisi dalam makananmu. Rajin-rajinlah makan sayur dan buah yang bervitamin C dan E, sekaligus yang mengandung antioksidan.

9. Kelola Stres

1604299413-kelola-stres.jpgSumber: Freepik

Stres yang tidak dikelola dengan baik bakal berpengaruh juga pada metabolisme dan kualitas istirahatmu. Ujung-ujungnya, kulit kamu pun akan terkena efeknya. Kulit yang kusam dan mata berkantung atau berlingkaran hitam adalah salah satu tanda awal bahwa kamu perlu memperbaiki pola tidur dan istirahatmu. Jaga kesehatan spiritual dan emosional, agar kamu bisa mengelola stres dengan lebih baik.

10. Batasi Konsumsi Alkohol dan Gula

1604299463-batasi-alkohol.jpgSumber: Freepik

Sering mengonsumsi alkohol dapat membuat kulit kamu lebih kering dan kusam. Selain itu, asupan gula berlebih akan membuat risiko besar pada kadar gula darah, yang akan mengakibatkan penyakit diabetes. Penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi pada kondisi kulit seperti gatal-gatal dan eczema. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait