beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Long Black, Americano, dan Kopi Tubruk

Itha Prabandhani,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Long Black, Americano, dan Kopi Tubruk
Image: Ilustrasi minum kopi. (Pixabay)

Jakarta - Buat kamu para pecinta kopi, pastinya kenal dong, dengan jenis-jenis kopi yang ada. Salah satu jenis kopi yang banyak diminati adalah kopi hitam. 

Di coffeeshop, café, hingga di warkop, kopi hitam banyak dihadirkan dengan nama yang bervariasi, seperti Long Black, Americano, dan Kopi Tubruk.

Karena tampilannya yang mirip, ketiga jenis kopi ini sering dianggap sama. Padahal, sebenarnya nggak loh, guys. Nah, biar kamu nggak bingung lagi, Urbanasia sudah merangkum perbedaan di antara ketiganya. Berikut ulasannya! 

Long Black

1601174466-kopi-hitam2.jpgSumber: Freepik

Minuman yang satu ini terdiri dari air panas dan espresso. Cara menyajikannya adalah dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu, guys. Baru sesudahnya, dituangkanlah espresso ke dalamnya. 

Cara penyajian ini mengikuti tradisi negara asal Long Black, yaitu dari Australia dan Selandia Baru. Untuk perbandingan rasio air dan espressonya, bisa disesuaikan selera, guys. Kamu bisa menggunakan perbandingan 5:1 untuk air dan espressonya.

Salah satu ciri khas Long Black adalah adanya krema yang di permukaan kopinya. Buih berwarna kekuningan ini, sangat penting buat para penikmat kopi karena bisa memberi keseimbangan rasa. 

Dengan menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso, maka akan membuat krema tetap utuh di permukaan cangkir.

Americano

1601174501-kopi-hitam3.jpgSumber: Freepik

Kalau Long Black yang berasal dari Australia dan Selandia Baru, seperti namanya, Americano berasal dari Amerika. Yang membedakan keduanya adalah cara penyajiannya, guys. Americano ini adalah kebalikan dari Long Black. 

Pertama, espresso disiapkan terlebih dahulu, baru tambahkan air panas sesudahnya. Karena itu, Americano biasanya tidak banyak meninggalkan krema di permukaan cangkir. Hal ini dikarenakan espresso yang dituangi dengan air panas akan memecah krema yang ada pada espresso.

Kopi Tubruk

1601174532-kopi-hitam4.jpgSumber: Freepik

Sesudah mengenal Long Black dan Americano, yuk kita bahas jenis kopi yang klasik dari dalam negeri, yaitu kopi tubruk. Ciri khas kopi tubruk adalah kopi hitam yang dinikmati bersama dengan ampas kopinya. 

Karena itu, kopi bubuk yang digunakan untuk membuat kopi tubruk biasanya digiling halus atau medium. Cara membuatnya, siapkan kopi bubuk terlebih dahulu, lalu siram dengan air mendidih. Aduk sebentar dan diamkan hingga ampasnya turun ke dasar cangkir. Kopi tubruk pun siap dinikmati.

Nah, sekarang udah nggak bingung lagi, kan? Yuk, ngopi dulu, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait