menu
user
URguide

Sering Diucapkan Saat Ultah, Apa Sih Arti 'Barakallah Fii Umrik'?

Kintan Lestari,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sering Diucapkan Saat Ultah, Apa Sih Arti 'Barakallah Fii Umrik'?
Image: istimewa
Berita Terkait

    Jakarta - Saat ada teman berulang tahun, beberapa orang akan menyelamati atau mendoakan dengan menuliskan  بارك الله في عمرك atau "Barakallah fii umrik".

    Tapi Urbanreaders tahu nggak sih itu artinya apa? Atau jangan-jangan kamu cuma copy paste doang, ya? 

    Nah, buat yang belum tahu apa arti 'barakallah fii umrik', nih Urbanasia kasih jawabannya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

    Jadi ucapan 'Barakallah fii umrik' ini bukan sekadar ucapan happy birthday aja. Maknanya lebih dalam daripada itu.

    'Barakallah fii umrik' punya arti 'Semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu'. Artinya orang yang mengucapkan itu di hari ulang tahunmu, atau sebaliknya, berharap agar yang berulang tahun selalu diberikan keberkahan.

    Lalu kalau teman kita mengucapkan seperti itu, bagaimana cara membalasnya? 

    Umumnya yang nggak tahu pasti akan membalas dengan berbagai ungkapan terima kasih, seperti makasih, thanks, atau hanya diaminkan, padahal ada ucapan khusus untuk membalas 'Barakallah fii umrik'.

    Untuk laki-laki, kalian membalas ucapan tersebut dengan mengucapkan 'wa fiika barakallah'. Sementara untuk perempuan, kamu bisa mengucapkan 'wa fiiki barakallah'. Kedua pengucapan ini punya makna yang sama, yaitu 'Semoga Allah juga memberkahi kamu'.

    "Tapi katanya ngucapin ulang tahun itu dosa?". Untuk soal ini, kembali lagi pada niat orang yang mengucapkannya.

    Mengutip situs nuonline, Nadhatul Ulama (NU) berpendapat seseorang yang mengucapkan 'Barakallah fii umrik' hukumnya mubah. Artinya boleh dikerjakan dan tidak akan mendapat dosa atau pahala.

    NU menyebut hukum mengucapkan 'Barakallah fii umrik' mubah berdasarkan dalil qiyas, yakni mengqiyaskan masalah ini dengan perilaku sahabat nabi. 

    Dari riwayat Imam Bukhari, saat Ka’ab bin Malik diterima taubatnya, sahabat Nabi yang bernama Thalhah bin Ubaidillah menyampaikan kepadanya ucapan selamat (tahni’ah).

    Dari riwayat itulah ulama berpendapat hukum mengucapkan selamat ulang tahun adalah mubah. Beberapa ulaman bahkan berpendapat hukumnya sunnah, dengan catatan selama tidak ada hal-hal yang munkar di dalamnya.

    Nah, itu dia Urbanreaders arti dari ucapan 'Barakallah fii umrik' yang biasa kamu lihat saat ada yang ulang tahun.

    Komentar
    paper plane