Jakarta - Selain buat membantu pekerjaan saya selama work from home (WFH), saya juga menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra untuk hiburan. Salah satunya adalah bermain game.

Saya pun memilih game Call of Duty (COD) yang dikenal ‘berat’. Jadi untuk bermain game ini, biasanya diperlukan RAM yang lumayan besar. Konon katanya minimal 8 GB.

Nah, Samsung Galaxy S20 Ultra ini punya chipset Exynos 990 dan RAM LPDDR5 12 GB. Jadi harusnya, aman sekaligus seru dong main Call of Duty.

Sebagian orang mungkin agak skeptis sama perfoma chipset ini. Mereka membandingkan dengan Snapdragon 865 besutan Qualcomm.

Namun ternyata, saat chipset ini dipadukan dengan RAM LPDDR5, dia bisa banget loh memainkan game-game berat dengan seperti Call of Duty. Lancar banget deh, bahkan saat tersetting grafik maksimum.

Hasil dari tes main game pakai Galaxy S20 Ultra secara keseluruhan berjalan dengan mulus dan lancar. Ya, seperti dugaan awal saya karena ponsel ini merupakan ponsel kelas flagship.

Perangkat keras yang dipakai di perangkat ini sudah pasti high end alias kelas atas. Jadi tak aneh kan kalau ngegame pakai ponsel ini lancar jaya.

Layar Galaxy S20 Ultra yang dibekali Dynamic Amoled 2x dan sudah mendukung refresh rate 120 Hz yang bisa bikin tampilan grafis super mulus, jadi makin betah ngegame.

Nah karena saya memainkan game Call of Duty Mobile yang hanya mentok di 60Hz, refresh rate 120 Hz jadi terasa kurang maksimal sih. Ada bedanya tapi sedikit. 

1591499165-fotosamsung.jpg

Dan karena perbedaanya kurang signifikan itu, saya sih menyarankan untuk mengembalikan settingan refresh rate ke 60Hz. Soalnya settingan 120 Hz tentu saja bisa bikin baterai ponsel lebih boros. Dengan kembali ke settingan 60 Hz, kamu bisa ngegame lebih lama tanpa diribetin soal ngecharge dong.

Hal ini tentu berbeda kalau kamu memainkan game yang memang mendukung refesh rate hingga 120 Hz. Meski bikin baterai cepat habis, namun pengamalan yang ditawarkan denhan refresh rate hingga 120 Hz ini luar biasa gaes. Jadi sebanding gitu. Hehe. Saat ini sudah banyak loh game yang mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Soal sensitivitas layar, Samsung Galaxy S20 Ultra ini boleh dibilang juara karena angka touch response rate mencapai 240 Hz.

Touch response rate memungkinan layar menerima input sentuhan yang lebih cepat. Sama seperti layar, jika angkanya lebih tinggi, maka responsnya juga bakal semakin ngebut.

Nah sensitivitas sentuhan ini berasa banget waktu saya memainkan game Call of Duty yang membutuhkan respons cepat. Menurut saya sih setara lah dengan ponsel gaming macam ROG Phone 2 atau Blackshark 2 Pro.

Oh iya, saya lupa ngasih tahu di atas tadi. Cara mengubah mode layar 60 Hz dan 120 Hz bisa dipilih di tampilan ‘motion smoothness’ yang bisa diakses di menu "Settings" > "Display" ya gaes.

Komentar
paper plane