beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Simak, 5 Tips Mendisiplinkan Diri Agar Lebih Produktif

Naura Aufani Zalfa,
21 Maret 2022 17.43.15 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Simak, 5 Tips Mendisiplinkan Diri Agar Lebih Produktif
Image: Melatih disiplin diri (ilustrasi: Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Apakah ada tujuan yang ingin kamu capai, tetapi seperti sulit mewujudkannya? Mungkin kamu tahu persis apa yang perlu dilakukan, tetapi tidak bisa melakukannya? 

Mungkin kamu frustasi karena merasa kurang disiplin diri yang memengaruhi kepercayaan diri, lintasan karier, kesehatan, berat badan, atau hubungan kamu. Sebenarnya, apa sih disiplin diri itu?

Disiplin diri adalah kemampuan mengendalikan diri sendiri, membuat kita bekerja keras atau berperilaku dengan cara tertentu tanpa perlu orang lain untuk memberitahu apa yang harus kita lakukan. Ini tentang pengendalian diri, kemauan yang keras, tekad, dan dorongan.

Penting nggak sih, disiplin diri itu? Tentu, sangat penting, Guys. Seseorang dengan tingkat pengendalian diri yang lebih tinggi biasanya memiliki harga diri yang lebih tinggi juga, lebih sedikit makan berlebihan dan penyalahgunaan alkohol, hubungan dan keterampilan interpersonal yang lebih baik, serta respons emosional yang lebih optimal. 

Lalu, bagaimana cara mendisiplinkan diri untuk kebaikan? Berikut Urbanasia rangkum beberapa tips agar kamu bisa menerapkan disiplin diri. Simak ya, Urbanreaders!

1. Melatih Motivasi Diri

1647772466-Foto-5-dd.jpegSumber: ilustrasi memotivasi diri agar lebih disiplin (Foto: Freepik/drobotdean)

Pernah perhatikan ketika kamu bersemangat tentang sesuatu yang menarik, atau memiliki tujuan penting yang ingin kamu capai, pasti perilaku disiplin kamu akan aktif secara otomatis bukan?

Katakanlah kamu harus menghadiri pernikahan atau reuni SMA dan kamu ingin menurunkan berat badan agar tampak cocok dengan pakaian yang sengaja kamu beli untuk acara itu. Bangun di pagi hari untuk berlari dan melewatkan makan malam jadi lebih mudah, bukan?

Mengetahui makna "mengapa" dapat memberikan motivasi intrinsik yang menarik. Cobalah untuk mengetuk MENGAPA kamu. Apa alasan, motivasi, atau tujuan kamu untuk melatih disiplin? 

2. Singkirkan Godaan

Kamu harus menyadari bahwa lingkungan sekitar akan mempengaruhi pilihanmu. Contoh, seseorang yang menyimpan buah di meja makan, mereka memiliki berat rata-rata 13 pon lebih sedikit.

Artinya, ciptakan lingkungan sekitar dengan hal-hal yang mendukung disiplin diri dan singkirkan berbagai godaan. Pastikan lingkunganmu kondusif untuk tujuan yang ingin dicapai. Jangan menempatkan diri dalam situasi yang menggoda atau mengganggu.

Jika kamu ingin menyelesaikan suatu proyek besar, coba matikan notifikasi pesan instan, tutup notifikasi untuk media sosial, dan letakkan ponsel di ruangan lain. Atau jika kamu bekerja dari rumah dan mudah terganggu, pergilah ke suatu tempat yang tenang supaya lebih fokus. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait