menu
user
URtech

Smartphone Kamu Terserang Malware? Begini Cara Mengatasinya

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Smartphone Kamu Terserang Malware? Begini Cara Mengatasinya
Image: Ilustrasi malware pada smartphone. (Pinterest/Consumerist)

Jakarta - Urbanreaders, pengguna smartphone Android? Pernah nggak sih dibuat pusing dengan kemunculan malware? Yap, malware alias malicious software merupakan perangkat lunak yang berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan, bahkan mencuri data dari smartphone kamu.

Sayangnya, nggak banyak dari kita yang sadar kalau malware sudah menyusup ke smartphone kesayangan. Tiba-tiba merasa nggak nyaman saat menggunakan smartphone, meskipun nggak yakin apa penyebabnya.

Kalau hal ini terjadi maka kamu harus segera mengatasinya, guys. Namun sebelum itu, kamu harus paham dulu nih bagaimana malware bekerja di smartphone kita dan bagaimana pula cara mendeteksi malware itu sendiri. Untuk itu, yuk simak penjelasan berikut ini!

Cara kerja malware di smartphone

Dilansir dari CNet, setidaknya ada dua jenis malware yang mengganggu kinerja smartphone. Adam Bauer, peneliti dari Lookout mengatakan keduanya adalah mengelabuhi pengguna Android agar memberikan izin untuk mengakses informasi sensitif atau mengeksploitasi kerentanan ponsel untuk mendapatkan akses ke informasi sensitif dengan memberikan hak ke administrator.

Keduanya perlu diwaspadai karena biasanya para pengguna bisa saja nggak menyadari keberadaan malware yang telah menyusup ke dalam perangkat.

1614089273-malware-smartphone.jpegIlustrasi malware pada smartphone. (Pinterest/netpredatororgl.wistia.com)

Tanda-tanda smartphone Android terkena malware

Masih dari sumber yang sama, ada beberapa hal yang bisa kamu temukan saat smartphone terserang malware. Berikut di antaranya:

1. Kamu selalu melihat iklan, nggak peduli apapun aplikasi yang sedang dijalankan.

2. Kamu menginstall aplikasi, lalu ikon aplikasi tersebut kemudian menghilang.

3. Baterai smartphone android lebih cepat habis dari biasanya.

4. Muncul aplikasi nggak dikenal di smartphone.

Bahaya malware yang menyusup ke smartphone

Saat tanda-tanda tersebut muncul, artinya malware telah berhasil menyusup ke smartphone kamu guys. Artinya berbagai hal buruk tengah mengancam smartphone.

Perlu kamu ketahui bahwa malware nggak hanya memaksa kamu menonton iklan, parahnya data pribadimu bisa jadi sasaran. Nah ada beberapa target data yang jadi sasaran empuk malware di antaranya kredensial perbankan, informasi perangkt, nomor telepon dan alamat email, termasuk daftar kontak di smartphone.

Langkah-langkah yang harus dilakukan

Nah kalau hal ini terjadi, maka kamu harus sesegera mungkin berusaha menghentikannya. Beberapa cara menghentikan malware di smartphone Android yang bisa kamu coba sebagai berikut:

1. Rajin update software di smartphone

Langkah ini harus kamu lakukan untuk melindungi perangkat dan akun kamu. Saat smartphone terserang malware, maka pembaruan software bisa mengatasi kerentanan dan memutus akses malware tersebut. Pembaruan ini juga bisa kamu lakukan untuk mencegah malware masuk loh, jadi jangan sampai malas ya guys!

2. Periksa kembali izin yang diberikan kepada aplikasi

Kemudian coba periksa kembali izin yang dimiliki oleh aplikasi di smartphone. Apa iya aplikasi tersebut bisa mengirimkan SMS ke nomor kamu? Kalau tidak, artinya kamu harus langsung hapus aplikasi tersebut saat menemukan izin yang nggak sesuai dengan fungsi aplikasinya.

3. Bekali smartphone dengan aplikasi antivirus

Meski kadang aplikasi ini memperlambat proses kerja smartphone, tapi mereka bisa membantu kamu mengenali perilaku aneh dan mencurigakan. Mereka juga bakal memberikan peringatan saat hal tersebut terdeteksi.

4. Pastikan untuk selalu download aplikasi dari pihak terpercaya

Terakhir, jangan pernah download aplikasi dari pihak ketiga. Kamu harus pastikan untuk mendownload dan menggunakan aplikasi hanya dari pihak terpercaya.

Aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga ini biasanya nggak melalui proses peninjauan oleh Google. Mereka juga biasanya dengan mudah menyelundupkan malware ke smartphone lewat aplikasi tersebut. Sehingga pastikan mendownload aplikasi hanya dari pihak terpercaya di Play Store untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait