menu
user
URtrending

Soal Pariwisata, Wishnutama: Malaysia dan Thailand Bukan Saingan Indonesia

Ardha Franstiya,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Soal Pariwisata, Wishnutama: Malaysia dan Thailand Bukan Saingan Indonesia
Image: Wishnutama di The NextDev 2019. (Dok. Urbanasia)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan persaingan antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand tidak harus dijadikan bahan perdebatan.

Menurutnya, Malaysia dan Thailand bukan saingan Indonesia dalam urusan pariwisata.

"Indonesia itu kayaknya emosi banget sama Malaysia dan Thailand, padahal ngapain mereka dijadikan saingan kita. Ngapain kita saingan sama Malaysia sih, penting banget?," ujar Wishnutama di acara The NextDev 2019, Sabtu (7/11) hari ini.

Hal itu menyusul, kunjungan wisatawan pariwisata di Indonesia setiap tahunnya lebih sedikit dari pada dua negara tetangga tersebut.

Baca juga: Lewat Wishnutama, Promosi Pariwisata Indonesia Bakal Dikemas Secara Beda

"Mohon maaf, contoh kita selalu membanding-bandingkan Malaysia 25 juta visitors (kunjungan wisatawan) setiap tahun jauh dibandingkan kita, ngapain kita mikirin itu," lanjutnya.

Dengan demikan, Wishnutama mengatakan, jumlah wisatawan bukan merupakan suatu masalah. Yang terpenting adalah nilai dari belanja wisatawan asing (spending) jika berkunjung ke negara lain.

Ia pun mengambil contoh dari negara New Zealand. Wishnutama menyebut kunjungan wisata di New Zealand terbilang rendah, namun memiliki nilai spending yang tinggi.

"Kita lihat New Zealand, visitornya cuma 4 juta setahun, tapi apa? Spending per orang hampir 5 ribu US dollar," ungkap Wishnutama.

Baca juga: Co-Founder Bobobox Ungkap Tantangan Bisnis Hotel Kapsul di The NextDev 2019

Sementara di Indonesia sendiri, ia melanjutkan, memiliki spending 1000 US Dollar per orang.

"Kita (Indonesia) hari ini 1000 US dollar. Jadi apa? Kita bicara soal kualitas, pariwista yang berkualitas itu juga penting," jelasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait