URsport

Belanda Mati Kutu, Gugur Lagi di Babak Knockout Piala Eropa

Rezki Maulana, Senin, 28 Juni 2021 16.56 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Belanda Mati Kutu, Gugur Lagi di Babak Knockout Piala Eropa
Image: Timnas Belanda gugur di 16 besar Euro 2020. (Twitter @EURO2020)

Budapest - Timnas Belanda lagi-lagi mati kutu di babak gugur Piala Eropa. Kali ini De Oranje kandas di babak 16 besar Euro 2020 usai disikat Republik Ceko 0-2.

Belanda dalam kepercayaan diri tinggi menyusul performa apik di fase grup dengan meraih tiga kemenangan. Ceko lolos ke babak 16 besar dengan predikat peringkat ketiga terbaik.

Belanda yang menurunkan tim terbaiknya, termasuk Doneyl Malen di lini serang coba bermain agresif sejak menit awal laga di Puskas stadium, Minggu (27/6/2021) malam WIB.

Tapi, beberapa kali upaya serangan Belanda selalu gagal membuahkan gol. Pertahanan ketat Ceko membuat Belanda kesulitan menciptakan shot on target.

Pada babak kedua, Belanda coba membongkar pertahanan Ceko tapi lagi-lagi gagal. Yang ada Belanda malah kehilangan Mathijs de Ligt yang mendapat kartu merah karena handball.

Keunggulan jumlah pemain dimaksimalkan Ceko untuk membuka keunggulan di menit ke-68 saat Tomas Holes menanduk bola sundulan dari Tomas Kalas di tiang jauh.

Pada menit ke-80, Ceko mematikan peluang Belanda ketika Patrik Schick mencetak gol kedua timnya sekaligus membuat skor jadi 2-0. Dari serangan balik, Holes mampu masuk ke kotak penalti untuk kemudian memberikan umpan tarik yang dicocor Schick dari jarak dekat.

Belanda berupaya menyamakan skor tapi upayanya sia-sia sehingga Ceko tetap menang 2-0 dan lolos ke perempatfinal untuk menantang Denmark. Belanda pun tampil hancur-hancurnya di laga ini.

Setelah mencetak delapan gol sepanjang fase grup, Belanda tidak membuat satu pun shot on target. Ini juga melanjutkan catatan buruk Belanda yang tidak pernah memenangi lima partai fase gugur terakhirnya di Piala Eropa.

Kemenangan terakhir didapat saat mengalahkan Yugoslavia pada Piala Eropa 2000, yang bahkan timnasnya sudah tidak ada. Belanda oh Belanda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait