URsport

Raih Emas, Megawati ‘Selamatkan’ Taekwondo Indonesia di SEA Games 2023

William Ciputra, Selasa, 16 Mei 2023 08.40 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Raih Emas, Megawati ‘Selamatkan’ Taekwondo Indonesia di SEA Games 2023
Image: Atlet taekwondo Indonesia, Megawati (kanan, merah) saat menghadapi wakil Thailand di partai final. (ANTARA)

Jakarta - Cabang olahraga taekwondo berhasil menyumbangkan satu medali emas bagi Indonesia pada gelaran SEA Games 2023 di Kamboja. 

Medali emas taekwondo itu diraih oleh Megawati Tamesti Maheswari yang berhasil memenangkan laga final di Convention and Exhibition Center, Phnom Penh pada Senin (15/5/2023) kemarin. 

Megawati berhasil menyelamatkan taekwondo Indonesia karena menjadi satu-satunya yang meraih emas pada cabor tersebut. 

Pada laga final, Megawati berhasil meredam perlawanan wakil Thailand bernama Chutikan Jongkotattanawattana dengan skor 2-1. 

Menurut Manager Timnas Taekwondo Indonesia, Laras Fitriana Novianty Sumarna, Megawati mengejutkan pihaknya karena tidak ditargetkan untuk meraih medali emas. 

Menurut Laras, awalnya ada dua yang ditargetkan meraih emas, salah satunya Ni Kadek Heni Prikasih. 

“Tapi memang taekwondo itu dinamis. Megawati tampil percaya diri hingga akhirnya bisa menjadi yang terbaik,” katanya melansir Antara, Selasa (16/5/2023). 

Laras mengakui persaingan taekwondo di Asia Tenggara memang sedang sangat sengit. Semua negara, menurutnya, melakukan yang terbaik untuk menjadi jawara. 

Upaya yang dilakukan itu salah satunya adalah dengan mendatangkan pelatih langsung dari Korea sebagai negara asal taekwondo. 

“Atlet kita pun sudah memberikan yang terbaik dan sebetulnya performanya meningkat, tetapi memang secara target belum terpenuhi," imbuh Laras. 

Secara keseluruhan, taekwondo Indonesia meraih 1 emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Hasil tersebut belum memenuhi target yang dicanangkan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) yakni 2 emas.

Adapun pada SEA Games 2023, 4 perak yang diraih Indonesia masing-masing melalui Wawan Saputra (freestyle poomsae putra), Osanando Naifal Khairudin (kyorugi 80kg putra), Nicholas Armanto (kyorugi 87 putra), dan Ni Kadek Heni Prikasih (kyorugi 46kg putri).

Lalu untuk perunggu masing-masing Muhammad Bassam Raihan (kyorugi 63kg putra), Adam Yazid Ferdyansyah (kyorugi 68 kg putra), Silvana Lamanda (kyorugi 67kg putri), dan Dinda Putri Lestari (kyorugi 73kg putri).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait