URsport

Target Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Lolos Babak Penyisihan Grup

Tim Urbanasia, Senin, 13 Maret 2023 10.36 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Target Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Lolos Babak Penyisihan Grup
Image: Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir saat meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali. (Instagram/@erickthohir)

Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ingin tim nasional sepak bola Indonesia U-20 bisa lolos babak penyisihan grup Piala Dunia U-20. Tahapan itu akan berlangsung di enam kota/kabupaten Indonesia pada 20 Mei 2023-11 Juni 2023.

Harapan itu disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir usai mengunjungi Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

"Tanya Coach Shin Tae Yong, tetapi kalau saya sudah menargetkan timnas bisa lolos grup," ujar Erick kepada wartawan dikutip Urbanasia, Senin (13/3/2023).

Erick mengatakan ada dua negara perwakilan Asia yang saat ini telah lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia, yaitu Irak dan Uzbekistan.

"Yang sekarang lolos AFC untuk main Piala Dunia itu Uzbekistan dan Irak. Itu satu grup sama tim Indonesia," lanjutnya.

Ketum PSSI periode 2023-2027 ini menuturkan, timnas U-20 Indonesia berhasil menghalau Uzbekistan sehingga memperoleh hasil seri. Sayangnya, timnas kecolongan dua gol melawan Irak.

"Kita mungkin belum panas, mesin diesel. Jadi kecolongan 2-0, tetapi kita sama Syria menang 1-0. Sekarang yang lolos Uzbekistan dan Irak, tinggal satu lagi kita tunggu," terang Erick.

Erick menambahkan, jika dibarengi dengan persiapan matang dan konsisten, dia yakin timnas U-20 mampu mencetak prestasi di laga sepak bola bergengsi tingkat dunia itu.

"Artinya, kalau kita mempersiapkan timnas kita seserius mungkin, ya kita bikin TC (training center) jangka panjang. Kita bisa lebih baik. Ini harus saling menyatu programnya," imbuhnya.

Menurut penilaian Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dalam tiga kompetisi Grup A Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, performa timnas U-20 Indonesia terus meningkat.

"Saya melihat ada peningkatan kualitas dari pertandingan pertama, kedua, dan ketiga," kata Indra Sjafri.

Indonesia terdepak dari Piala Asia U-20 usai kalah melawan Irak, meski keduanya sama-sama mengantongi 4 poin dari tiga match. Irak akhirnya lolos ke perempat final bersama rtim puncak klasemen, yaitu Uzbekistan dengan tujuh poin dari tiga laga.

Terlepas dari itu, Indra menyampaikan timnas U-20 akan berlatih di TC Korea Selatan, guna persiapan mengikuti Piala Dunia U-20.

"Awalnya pelatih Shin Tae Yong meminta TC di Belanda, namun diubah ke Korea Selatan. Alasan spesifiknya saya tidak tahu, tetapi situasi Korea Selatan memang bagus untuk meningkatkan kondisi fisik. Para pemain juga sudah terbiasa berlatih di sana," terang Indra.

Di kompetisi Piala Dunia U-20 2023, 20 negara yang sudah dipastikan ikut berlaga yaitu Indonesia (tuan rumah), Republik Dominika, Guatemala, Honduras, AS, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Fiji, Selandia Baru, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.

Sementara untuk tahan pengundian Piala Dunia U-20 akan dijadwalkan pada 31 Maret 2023 di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center, Bali.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait