URsport

Teknologi MCS pada Baju Olahraga Bisa Tingkatkan Performa, Benarkah?

William Ciputra, Minggu, 17 Desember 2023 10.58 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Teknologi MCS pada Baju Olahraga Bisa Tingkatkan Performa, Benarkah?
Image: Press conference 2XU Compression dengan Teknologi MCS. (Urbanasia)

Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas yang bisa menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Memang olahraga bisa dilakukan dengan mengenakan pakaian apa saja yang penting nyaman.

Namun para pakar merekomendasikan pakaian olahraga khusus untuk mendapat hasil terbaik. Termasuk adanya teknologi muscle containment stamping (MCS) pada baju olahraga yang disebut-sebut bisa meningkatkan performa.

Founder Klinik Utama Eminence, dr. Antonius Andi Kurniawan membenarkan klaim tersebut. Tak hanya meningkatkan performa, compression juga bisa membantu recovery pada saat terjadi cedera.

“Penggunaan compression pada saat olahraga sangat baik dan sangat disarankan, karena pada saat kita berolahraga, terutama high intensity exercise, otot rentan mengalami kerusakan,” katanya dalam diskusi MCS Compression dari 2XU, Jumat (15/12/2023).

Andi menjelaskan, saat berolahraga otot akan bekerja sehingga hampir seluruh otot berkontraksi dengan tujuan agar dapat membakar energi.

Saat kontraksi ini, otot akan membutuhkan oksigen yang dipompa oleh jantung dan diikat oleh hemoglobin lalu diedarkan ke seluruh tubuh. Sehingga, saat olahraga high intensity, jantung bekerja lebih berat untuk mengedarkan oksigen ke seluruh otot rangka tubuh.

“High intensity training membuat otot kita bekerja lebih berat dan risiko cederanya lebih tinggi, sehingga orang yang ingin menjalankan high intensity training harus memiliki otot yang kuat dan siap, jangan sampai beban di otot kita melebihi kapasitas kita,” tambahnya.

1702785420-2XU-Store-GI.jpg Store 2XU di West Mall Grand Indonesia. (Urbanasia)

Salah satu compression yang dilengkapi dengan teknologi MCS adalah Compression 2XU (baca: Two-times-you). Menurut Brand Marketing General Manager Sports, Panji Cakrasantana, Compression MCS 2XU bisa menunjang kemampuan atlet dan pegiat olahraga baik sebelum, saat, maupun sesudah olahraga.

“Dengan teknologi unggulan Muscle Containment Stamping (MCS) Compression yang telah teruji, produk 2XU bermanfaat membantu meningkatkan performa, mengurangi risiko cedera, dan mempercepat pemulihan,” kata Panji.

2XU Compression dengan Teknologi MCS memberikan dukungan ekstra pada area otot utama untuk melawan kelelahan dan ketegangan selama latihan intensif.

‘Stamping’ pada MCS membantu kinerja dengan memberikan kekuatan compression yang lebih besar dengan membungkus area anggota tubuh yang tepat untuk mengurangi osilasi dan kerusakan otot.

Rekayasa canggih ini memberikan daya compression lebih besar tanpa massa/ volume yang berlebihan. Menurut Panji, jumlah compression maksimum yang diberikan pada teknologi ini adalah 23-26 mmHG.

“Yaitu jumlah tertinggi di seluruh rentang compression kami. Teknologi MCS dapat membantu meningkatkan aliran darah, sehingga mampu meminimalisir kelelahan dan mempercepat pemulihan,” katanya.

2XU Compression dengan teknologi MCS bisa didapat di store 2XU di Grand Indonesia Mall. Toko ini hadir dengan konsep baru dan modern dengan koleksi perlengkapan olahraga yang lengkap.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait