menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Stafsus Presiden: Desember 2021 Indonesia Punya Komnas Disabilitas

Ika Virginaputri,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Stafsus Presiden: Desember 2021 Indonesia Punya Komnas Disabilitas
Image: Angkie Yudistia (AntaraFoto/Muhammad Zulfikar)

 

Jakarta  -  3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Untuk itu pemerintah melalui Kementerian Sosial sedang menyiapkan pembentukan Komnas Disabilitas yang akan selesai bulan Desember 2021. 

Pengumuman itu disampaikan oleh Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, 16 April 2021. Menurut Angkie, saat ini Kementerian Sosial sedang menyeleksi calon anggota komisioner lewat panitia seleksi (Pansel). 

Baca juga: [INFOGRAFIS] Alasan Kuat Presiden Jokowi Adakan Reshuffle Kabinet

“Ada 1200 pendaftar untuk calon komisioner. Kita lihat apakah mereka lolos tahap pertama, yakni tahap administrasi. Setelah tahap administrasi selesai, kita akan umumkan ada berapa banyak.” ujar Angkie. 

Setelah itu, seleksi masuk ke tahap dua. Uji tes dan kelayakan atau fit and proper test yang dilanjutkan dengan wawancara. 

“Setelah wawancara, pansel akan memilih 14 nama calon komisioner yang diberikan ke Ibu Menteri Sosial (Tri Rismaharini)," tambah Angkie.

Baca juga: Jokowi ke Kepala Daerah: Perbanyak Padat Karya buat Ciptakan Lapangan Kerja 

Nantinya, Risma menyerahkan 14 nama calon komisioner Komnas Disabilitas itu kepada Jokowi yang akan memilih tujuh orang untuk dilantik. 

Untuk perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, Komnas Disabilitas dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 68 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komisi Nasional Disabilitas dan amanah UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait