beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Adidas Akhiri Kerjasama dengan Kanye West

Suci Nabila Azzahra, 26 Oktober 2022 15.51.15
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Adidas Akhiri Kerjasama dengan Kanye West
Image: Adidas akhiri kerjasama dengan Kanye West. (Twitter @rap)

Jakarta - Adidas telah mengakhiri kemitraannya dengan rapper Kanye West atas pernyataan ofensif dan antisemit yang dilontarkannya.

"Adidas tidak mentolerir anti semitisme dan segala bentuk ujaran kebencian lainnya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip Urbanasia dari Politico, Rabu (26/10/2022).

Adidas mengumumkan kemitraannya dengan perancang busana Yeezy 'sedang ditinjau' pada awal Oktober setelah West, mengenakan kaos bertuliskan 'White Lives Matter' di peragaan busananya di Paris Fashion Week dan kemudian terus memakainya.

“Setelah upaya berulang kali untuk menyelesaikan situasi secara pribadi, kami telah mengambil keputusan untuk menempatkan kemitraan dalam peninjauan,” Adidas berbagi dalam sebuah pernyataan saat itu. “Kami akan terus mengelola bersama produk saat ini selama periode ini.”

Keputusan perusahaan muncul setelah selebriti, termasuk mantan istri Kanye West, Kim Kardashian, mengutuk West atas pernyataannya mengenai orang-orang Yahudi.

Seperti dapat ditebak, West tidak menanggapi keputusan Adidas tersebut dengan baik, dan menanggapi di Instagram, “Persetan dengan ADIDAS. ADIDAS MEMPERKOSA DAN MENCURI DESAIN SAYA.” tulis rapper berusia 45 tahun tersebut memutuskan hubungan dengan Ye, yang juga telah diskors dari Twitter dan Instagram karena posting antisemitisme yang menurut jejaring sosial melanggar kebijakan mereka.

Diketahui, saham Adidas turun sebanyak 8 persen setelah pernyataan tersebut. Adidas telah memperingatkan dalam perkiraan keuangan terakhirnya pada bulan Oktober bahwa penurunan bisnisnya di Cina, bersama dengan permintaan konsumen yang lebih rendah di pasar-pasar utama Barat, telah memberikan tekanan pada perkiraan labanya untuk tahun 2022.

Merek ini juga mencari kepala eksekutif baru, setelah mengumumkan pada bulan Agustus bahwa bos Adidas saat ini, Kasper Rorsted akan berhenti pada tahun 2023.

Seorang juru bicara Kampanye Melawan Antisemitisme mengatakan: “Adidas akhirnya bergabung dengan merek dan agensi lain dan memutuskan hubungan dengan Ye (Kanye West). Ini tidak akan terjadi tanpa hampir 175.000 yang menandatangani petisi kami dan selebritas serta influencer di kedua sisi. Atlantik dan di seluruh dunia yang membantu mempromosikannya dan memperkuat pesannya.”

Rapper itu juga kehilangan posisinya dalam daftar miliarder majalah Forbes. Majalah itu memperkirakan hilangnya kemitraan Adidas telah memangkas kekayaan bersih Kanye West dari $1,5 miliar menjadi $400 juta atau sekitar Rp 6,2 miliar.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait