Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Taman Bunga Adn Firdaus, Pesona Indah Pasuruan dengan Latar 3 Pegunungan

Nunung Nasikhah,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Taman Bunga Adn Firdaus, Pesona Indah Pasuruan dengan Latar 3 Pegunungan
Image: Humas Pemkab Pasuruan

Jakarta - Jawa Timur memang gudangnya wisata-wisata alam yang ciamik. Selain area Malang, yang perlu dilirik adalah wilayah Pasuruan.

Potensi wisata yang dimiliki salah satunya adalah taman bunga Adn Firdaus yang berlokasi di Dusun Kedondong, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Kabarnya, keberadaan taman ini belakangan viral setelah banyak pengunjung yang memposting di media sosial.

Apalagi pesona tanaman celosia warna-warni dan hamparan bunga matahari yang menghiasi sekeliling taman. Lengkap dengan penampakan kincir angina yang semakin memperindah tempat wisata ini.

Baca juga: Liburan Natal dan Tahun Baru? Ini 5 Wisata yang Cocok di Bandung

Kebanyakan pengunjung yang datang paling senang berselfie dengan latar belakang Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuno juga Welirang.

Kepala Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Niam Sovie mengatakan, taman bunga Adn Firdaus ini merupakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Untuk menikmati wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket senilai Rp 5 ribu dan parkir kendaraan sebesar Rp 3 ribu.

"Berdasarkan kesepakatan warga, parkirnya Rp 3 ribu sedang tiket masuk Rp 5 ribu. Namun kalau hari besar atau ada pameran tiketnya Rp 10 ribu," ungkap Niam dilansir dari Humas Pemkab Pasuruan (17/12/2019).

Baca juga: 3 Destinasi Air Terjun Sumatera Utara, Ada yang Tertinggi di Indonesia

Niam menambahkan, ide pendirian Taman Adn Firdaus ini sebenarnya telah digagas 5 tahun lalu. Namun, baru 6 bulan lalu terealisasi.

Selama 6 bulan, pengembangan taman bunga dimulai dengan pembukaan jalan, perataan tanah, dan pengerjaan taman yang menghabiskan dana Rp 1,8 Miliar.

“Dananya ya kita iuran, jadi kita kerjasama dengan masyarakat. Yang jelas pembangunan Adn Firdaus ini kita 0 persen dana desa (DD) atau alokasi dana desa (ADD). Kita 0 persen tanah bengkok," ungkapnya.

Lokasi seluas 7 hektar ini dulunya adalah sawah padi. Warga sekitar kemudian menyerahkan tanahnya untuk disewa dan dijadikan wahana wisata.

Baca juga: Mau Liburan Akhir Tahun ke Jogja Naik Kereta? Tenang, Tiket Masih Ada

"Sebagi gantinya, yang punya lahan ini kita pekerjakan sebagai perawat tanaman bunga," jelas Niam.

Di sisi lain, Pengelola dan Perancang Taman Bunga Adn Firdaus Ardi Roistam mengatakan, kawasan ini rencananya akan dibuat sebagai tempat wisata edukasi. Misalnya wisata edukasi pembibitan bunga.

Disiapkan pula kampung kelinci, kambing dan ikan Salmon of Java atau ikan sengkaring khas desa tersebut.

“Jadi para anak-anak bisa langsung memberikan makanan atau menangkap ikan atau kelinci untuk dibawa pulang," pungkas Ardi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait