beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Tanda SOS Muncul di Google Maps, Kok Bisa?

Afid Ahman,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tanda SOS Muncul di Google Maps, Kok Bisa?
Image: Ilustrasi tanda SOS. (Pixabay)

Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan tanda SOS di pulau Laki yang muncul di Google Maps. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Google memang menyediakan notifikasi SOS yang bertujuan untuk mempermudah akses terhadap informasi darurat saat terjadi krisis yang disebabkan oleh manusia atau alam. 

Mereka mengumpulkan konten yang relevan dan otoritatif dari web, media sosial, dan produk Google, lalu menyorot informasi tersebut di Google Search, baik Penelusuran dan Maps. 

Masyarakat akan melihat informasi terbaru dari pihak berwenang lokal, nasional, atau internasional, tergantung pada sifat krisis dan lokasi, meliputi nomor telepon dan situs darurat, peta, terjemahan frasa yang berguna, peluang donasi, dan sebagainya.

"Jika kamu berada di dekat krisis besar mungkin melihat banner yang menunjukkan adanya krisis yang sedang terjadi, diikuti dengan referensi dan informasi darurat seperti terjemahan yang berguna atau nomor telepon. Jika telah menginstal versi terbaru Google app (Android dan iOS) serta lokasi aktif, kamu juga dapat menerima notifikasi di layar utama perangkat seluler. Ketuk notifikasi tersebut untuk melihat peringatan selengkapnya di Google Penelusuran," jelas Google.

Bilamana tidak akan mendapatkan notifikasi ketika berada di luar area krisis, tetapi kamu masih dapat menemukan peringatan SOS dengan menelusuri informasi tentang kejadian tersebut. Informasi yang bakal didapatkan mungkin berbeda dengan informasi yang dilihat oleh orang yang berada lebih dekat dengan area krisis. 

1611143487-tanda-sos-google-maps.jpgSumber: Tanda SOS yang beredar di media sosial. (Twitter)

"Misalnya, kamu mungkin melihat link untuk melakukan donasi bagi krisis tersebut, bukan informasi nomor telepon darurat. Jika menggunakan Google Maps, kamu juga dapat melihat Peringatan SOS tepat di peta jika ada peringatan yang aktif di area yang dilihat. Ketuk ikon untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang krisis, seperti nomor telepon dan situs yang bermanfaat," terang Google.

SOS dari Ponsel
Kita dimungkinkan mengirimkan peringatan SOS dari ponsel, baik Android maupun iOS. 

Cara di Android:

1. Buka layar kunci ponsel 
2. Ketuk kata Emergency di bagian bawah layar kunci
3. Ketuk Informasi Darurat 
4. Tekan tombol Tambah kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan PIN atau pola kunci
5. Pengguna akan dibawa ke layar informasi darurat, masukan informasi pribadi di dalamnya

iOS:

1. Tekan dan tahan tombol Power dan  tombol volume atas 
2. Akan muncul opsi SOS, swipe ke kanan  untuk segera mengaktifkan panggilan
3. iPhone akan melakukan panggilan darurat ke nomor yang sudah dimasukan atau pihak layanan darurat yang ada wilayah kamu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait