Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Target Rampung Mei, Tugu Sepeda Tuai Kritikan dari Netizen

Kintan Lestari,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Target Rampung Mei, Tugu Sepeda Tuai Kritikan dari Netizen
Image: Penampakan Tugu Sepeda yang menghadap ke trotoar. (Dok. Dishub DKI Jakarta)

Jakarta - Proyek pembangunan Tugu Sepeda dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menuai kritikan netizen.

Pasalnya banyak yang menilai proyek pembangunan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat ini buang-buang anggaran.

Bagaimana tidak, diketahui anggaran untuk membuat Tugu Sepeda memakan dana Rp 800 juta. Proyek ini sendiri dikerjakan bersamaan dengan pembangunan jalur sepeda permanen yang memakan anggaran Rp 28 miliar.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menegaskan anggaran Rp 800 juta  tidak berasal dari APBD DKI Jakarta, melainkan dari pihak ketiga.

"Tugu sepeda ini dapat anggaran dari kewajiban pihak swasta. Dari pihak ketiga," kata Riza seperti dikutip Antara, Jumat (9/4/2021).

Riza menyebut proyek ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah dalam mendukung para pesepeda.

Meski sudah dikatakan dananya tidak berasal dari APBD, netizen tetap banyak yang melontarkan kritikan di media sosial pada proyek Tugu Sepeda.

Banyak yang mengaku tidak paham tujuan dibangunnya tugu untuk pesepeda itu.

1618137075-antarafoto-pembangunan-tugu-sepeda-ibukota-jakarta-050421-rn-8.jpgSumber: Pekerja menyelesaikan pembangunan Tugu Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (5/4/2021). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/hp.)

“Ntah apa fungsinya haha kecuali semua masyarakatnya transport kemana-mana pake sepeda ok lah. Lah ini org sepedaan biasa aja dibikin tugu,” komentar seorang netizen di media sosial.

“What are y’all trying to do with this bicycle monument,” komentar yang lain.

“Gabutuh tugu, butuhnya akses sepeda diperluas agar lebih aman dari kendaraan bermotor,” komentar netizen lainnya.

Untuk diketahui, proyek jalur sepeda permanen dan Tugu Sepeda ditargetkan akan rampung bulan Mei mendatang.

“Memang target kami untuk keseluruhan jalur sepeda ini akan diselesaikan pada bulan Mei., Sama (tugu sepeda) seluruhnya akan dituntaskan” kata Syafrin Liputo kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021).

Tugu sepedanya sendiri memang belum jadi, namun rancangan kasar tugu ini mulai terlihat. Tampak dari foto yang beredar, tugunya berbentuk lingkaran menyerupai ban sepeda dengan banyak kaca di bagian depan tugu. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait