beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja, Cocok Buat Weekend

Griska Laras,
25 Juni 2022 07.59.22 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja, Cocok Buat Weekend
Image: Stasiun Jogjakarta (Foto: PT KAI)

Jakarta – Jogja punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika punya banyak waktu buat mengeksplore kota istimewa ini, kamu bisa mencicipi sate klathak legendaris Pak Pong di Bantul atau menyusuri Goa Pindul di Gunung Kidul. 

Tapi jika terbatas, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata dekat Stasiun Jogja. Berikut Urbanasia kasih rekomendasinya!

1. Malioboro

Liburan ke Jogja kurang lengkap rasanya jika nggak pergi ke Malioboro. Jarak Stasiun Tugu ke Malioboro hanya 700 meter, dan bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 15 menit ke arah Jalan Yos Sudarso. 

Malioboro dikenal sebagai pusat belanja turis. Di sini kamu bisa membeli souvenir, batik, dan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh. Atau mencicipi berbagai kuliner khas Jogja, dari kopi arang sampai gudeg Yu Djum yang legendaris. 

Lokasi:  Jalan Malioboro, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat 

2. Kampung Wisata Taman Sari

Mau hunting foto estetik, tapi nggak punya cukup waktu? Kampung Wisata Taman Sari wajib masuk list liburan kamu, Urbanreaders. Jaraknya hanya 5,6 km dari Stasiun Tugu. 

Taman Sari memiliki arsitektur yang indah dan megah. Konon tempat ini dulunya adalah kebun istana Raja Mataram dan tempat mandi putri - putri raja. 

Di tempat ini kamu bisa melihat relief bercorak Hindu di setiap sudutnya, kolam pemandian yang melegenda, lorong bawah tanah, dan masjid yang menjadi daya tarik wisatawan. Harga tiket masuknya relatif terjangkau, yakni Rp 13 ribu per orang. 

Lokasi: Patehan, Kraton, Yogyakarta

3, Museum Sonobudoyo 

Buat yang suka sejarah, Jogja punya banyak museum dan situs kuno. Salah satunya Museum Sonobudoyo yang hanya berjarak 1,2 km dari Stasiun Tugu Jogja. 

Museum yang berdiri sejak 1935 memiliki koleksi arca, keris, kitab-kitab kerajaan Mataram. Selain melihat-lihat benda antik, kamu juga bisa mengenal kota istimewa ini lebih dalam. Harga tiket Museum Sonobudoyo cukup terjangkau, berkisar Rp 2500 – Rp 10.000. 

4. Keraton Jogja 

Last but not least, Keraton Jogja. Tempat wisata ini jaraknya hanya 4, 3 km dari Stasiun Tugu. Di sini kamu akan merasakan suasana kerajaan yang kental lewat bangunan, koleksi benda antik, hingga seragam para prajurit. 

Jika datang di momen tertentu, kamu juga bisa menyaksikan berbagai ritual dan upacara adat. Untuk berkeliling Keraton Jogja, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 7500 – Rp 10.000. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait