beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Terkuak, Ternyata Ini 3 Santet Berdasarkan Tempat Asalnya

Kintan Lestari,
hampir 3 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Terkuak, Ternyata Ini 3 Santet Berdasarkan Tempat Asalnya
Image: Anisa Kurniasih/Urbanasia

Jakarta - Belakangan ini santet jadi pembicaraan banyak orang, baik itu karena cerita horor dari SimpleMan yang berjudul Sewu Dino sampai karena RUU yang dikeluarkan DPR soal pasal santet.

Selama ini kita hanya tahu santet karena melihat korban santet menderita penyakit aneh tiba-tiba di dalam perutnya banyak paku, jarum, atau benda tajam lainnya.

Tapi apa Urbanreaders tahu daerah asal santet yang biasa kamu dengar atau bahkan lihat? Kalau belum tahu, nih Urbanasia kasih jawabannya.

Baca Juga: Ningsih Tinampi, Pembasmi 'Santet' yang Lagi Viral di YouTube

1. Santet Susuk Konde (Jawa)

Santet jenis ini berasal dari pedalaman Jawa Timur. Biasanya korban yang terkena santet ini akan menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal.

Korban akan merasakan kesakitan. Begitu di rontgen di rumah sakit, umumnya akan nampak benda tajam seperti paku, jarum, kawat, dll di dalam tubuh korban. Biasanya santet ini dikirim oleh orang yang sakit hati pada kamu.

2. Teluh Pelesit Matimang (Kalimantan)

Dayak dipercaya sebagai salah satu suku yang kental akan sihir hitamnya. Udah pasti suku satu ini lekat dengan yang namanya santet.

Di Dayak, Kalimantan Timur, ada santet yang menakutkan bernama Teluh Pelesit Matimang. Umumnya korban dari santet ini akan mengalami gangguan jiwa alias gila.

Konon korban santetnya juga harus segera ditolong dalam waktu 40 hari, jika tidak maka korban tersebut akan mati.

Dan yang lebih parahnya lagi, santet ini bisa dikirim ke luar pulau Kalimantan dan bakal tepat sasaran ke korban yang dituju.

Baca Juga: Waduh! Duit Rp 52 Juta Milik Warga Malang Ini Raib Gara-gara 'Santet'

3. Buhul Cacing Abin (Sumatra)

Kalau sebelumnya ada santet dari Suku Dayak, kalau yang ini berasal dari Suku Anak Dalam di Sumatra. Santet tersebut bernama Buhul Cacing Abin.

Korban santet Buhul Cacing Abin akan menderita penyakit misterius dalam jangka waktu lama. Penyakit tersebut juga akan menggeroti fisik korban hingga akhirnya korban meninggal.

Nah itu dia jenis-jenis santet berdasarkan tempat asalnya. Nah, pesen Urbanasia adalah tetep waspada sama jangan mudah mempraktikkan hal seperti ini ya!(*)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait