beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Timnas Indonesia Bisa Gunakan Stadion GBK untuk Piala AFF 2022

Elya Berliana Prastiti,
9 November 2022 20.00.59 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Timnas Indonesia Bisa Gunakan Stadion GBK untuk Piala AFF 2022
Image: Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Instagram/@aiponush)

Jakarta - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo menyatakan, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bisa digunakan tim nasional (Timnas) Indonesia untuk Piala AFF 2022.

“Insyallah (bisa digunakan untuk AFF). Kami sudah berkontak dengan PSSI,” ujar Rakhmadi di SUGBK, Jakarta, Selasa (8/11/22).

Ia mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi telah memastikan meninjau SUGBK. Selain itu, PPKGBK berharap Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) juga melakukan hal yang sama.

“AFF harus melihat langsung karena mereka memiliki standar untuk stadion yang mirip dengan FIFA. Kalua lolos (verifikasi), SUGBK bisa menjadi kendang Indonesia di Piala AFF 2022,” jelasnya.

Sebelumnya, PSSI mengumumkan enam stadion Piala Dunia U-20 2023, termasuk SUGBK, sedang dalam persiapan turnamen itu, sehingga tidak bisa digunakan untuk Piala AFF 2022 dan kegiatan lainnya mulai November 2022.

Rakhmadi sepakat bahwa renovasi stadion membutuhkan waktu setidaknya enam bulan agar maksimal sebelum penyelenggaraan turnamen Piala Dunia yang akan berlangsung pada 20 Mei - 11 Juni 2023.

Namun, ia menegaskan SUGBK aman digunakan untuk Piala AFF 2022 yang akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 karena renovasi hampir selesai. Stadion itu hanya memerlukan perbaikan kecil seperti pagar pembatas di dalam stadion dan kecepatan sambungan internet ruang media.

“Kami sudah curi start. Piala Dunia U-20 ini, kan, tadinya digelar tahun 2021. Jadi kami sudah merapikan dan meningkatkan kualitas rumput serta memperbaiki saluran air sejak jauh-jauh hari,” ucap Rakhmadi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait