Hot News

Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan tanpa agenda apapun di sisa tahun ini. Pasalnya AFC menunda kualifikasi Piala Dunia 2022, akhir tahun ini.

Timnas Indonesia sejatinya punya jadwal bertanding di sisa tahun ini, yakni tiga laga kontra Thailand (8/10/2020), Uni Emirat Arab (13/10), dan Vietnam (12/11). Tiga pertandingan itu adalah penundaan laga yang seharusnya dihelat Maret dan April lalu.

Pandemi virus corona membuat laga-laga itu akhirnya ditunda yang akhirnya diperpanjang hingga 2021! Situasi global yang belum kondusif karena pandemi virus corona, terutama di benua Asia jadi alasannya.

"Dalam situasi COVID-19 di banyak negara, FIFA dan AFC setuju bahwa pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, yang seharusnya digelar selama jeda internasional pada Oktober dan November 2020, akan dijadwalkan ulang ke tahun 2021," tulis pernyataan resmi AFC.

"Dengan tujuan melindungi kesehatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama dalam memantau situasi di regional ini untuk menentukan jadwal baru untuk sisa laga kualifikasi. Detail selanjutnya tentang jadwal baru untuk babak selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 akan diumumkan dalam kesempatan selanjutnya," tambah pernyataan tersebut.

Alhasil, Shin Tae-yong harus menunggu debutnya sebagai pelatih Timnas Indonesia karena tidak ada lagi pertandingan di tahun ini. Sebelumnya Piala AFF 2020 juga ditunda sampai tahun depan, sekitar bulan April.

Padahal Timnas Indonesia sudah bersiap untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2021 dengan melakukan pemusatan latihan sejak 23 Juli lalu dan memulai latihan pada 7 Agustus.

"PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rilisnya.


Loading ..