beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Tinjau Lokasi Kebakaran Tunjungan Plaza 5, Eri Cahyadi: Api Dipadamkan 18 Menit

Nivita Saldyni,
14 April 2022 23.42.32 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tinjau Lokasi Kebakaran Tunjungan Plaza 5, Eri Cahyadi: Api Dipadamkan 18 Menit
Image: Tunjungan Plaza Surabaya kebakaran (Nivita/Urbanasia)

Surabaya - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mendatangi langsung lokasi kebakaran di Tunjungan Plaza 5. Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi  Rabu (13/4/2022) petang itu.

“Untuk pengunjung alhamdulillah aman semua. Karena setelah tahu ada kebakaran manajenemn mengeluarkan semua pengunjug dulu baru manajemen dan terakhir sekurity. Jadi tidak ada korban jiwa, tadi kami keliling di dalam juga tidak ada, harapannya tetap tidak ada,” ujarnya kepada wartawan usai menyisir bagian dalam Tunjungan Plaza 5.

Wali Kota yang akrab disapa Cak Eri itu juga menyampaikan, sampai sekarang belum diketahui dari mana titik awal munculnya api yang menjadi penyebab kebakaran. Tak lupa, ia menyampaikan terima kasih kepada warga yang peduli melaporkan kejadian kebakaran ini melalui Call Center (CC) 112, sehingga api lekas ditangani dan dipadamkan.

"Matur nuwun (terima kasih), kepada warga Surabaya yang sudah melaporkan sehingga mobil pemadam kebakaran dalam waktu 4 menit sudah sampai disini dan api yang menyambar tadi beberapa lantai dalam waktu 18 menit sudah bisa dipadamkan sehingga tinggal pembasahan. Tapi saya minta pembasahannya tidak boleh teledor,” ungkapnya.

Dalam peristiwa itu, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya menerjunkan puluhan personil untuk memadamkan si jago merah termasuk 28 unit mobil pemadam, diantara 3 unit Bronto Skylift andalan DPKP Surabaya juga diterjunkan memadamkan api, tiga unit mobil ukuran 52 meter, 45 meter dan 104 meter menembakkan air dari luar gedung.

Tak lama kemudian, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turun tangan memastikan kobaran api tidak sampai memakan korban jiwa. Di lokasi kejadian, Eri Cahyadi tampak mengenakan pakaian anti panas DPKP lengkap dengan helm safety-nya, kemudian ia menuju ke lantai 4 dan 5 gedung TP 5.

"Diduga berasal dari lantai 5, di tempat makan. Kemudian merambat ke atas lantai 12, karena itu kita tembak pakai Bronto, ada pasukan yang masuk ke dalam. Ketika turun ke lantai 4 dan 5, asapnya begitu pekat, kemungkinan asalnya di tempat makan tadi," kata dia.

Terkait kondisi secara umum, Eri mengatakan  dari hasil penyisiran yang dilakukannya, di lantai 12 tidak ada api, si jago merah justru terlihat di lantai 11 sehingga langsung ditembakkan air. Sedangkan di lantai 10 juga tidak ditemukan api, namun di lantai 5 terdapat api. 

"Semoga titik api segera ditemukan, kami sudah meminta bantuan management TP untuk membuka aksesnya. Alhamdulilah penanganan sangat cepat dan aman, sampai detik ini belum ada korban jiwa ya," jelas Wali Kota Eri Cahyadi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait