Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Tips Bikin Password yang Kuat dan Aman Agar Tak Mudah Dibobol

Nivita Saldyni,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Bikin Password yang Kuat dan Aman Agar Tak Mudah Dibobol
Image: Ilustrasi password. (Freepik)

Jakarta - Digitalisasi telah mempermudah kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesan membuat hampir seluruh aktivitas ada dalam genggaman.

Namun Urbanreaders tak boleh lupa, bahwa menjaga keamanan akun kuta yang terkoneksi dengan internet juga penting.

Solusinya adalah memiliki password alias kata sandi yang kuat untuk berbagai layanan digital yang kamu gunakan. 

Nah, untuk itu Urbanasia mau berbagi tips memiliki password yang kuat dan aman agar terhindar dari upaya pembobolan oknum tak bertanggung jawab dari CNET nih. Penasaran? Yuk simak tips berikut ini :

1. Hindari kata-kata umum maupun yang berkaitan dengan identitas

Pemilihan kata-kata umum akan membuat kekuatas passwordmu lemah.

Untuk membuat password yang kuat, ada baiknya kamu menggunakan kombinasi karakter, misalnya memadukan huruf dan angka menjadi sebuah frasa password. Menggunakan huruf kapital dan kecil dalam satu password juga bisa dilakukan.

Kamu juga harus melindungi data pribadimu dengan tidak menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kehidupan pribadi. Misalnya nama, nama panggilan, ulang tahun, atau nama hewan peliharaan. Hindari!

2. Lebih panjang, lebih bagus

Panjang pendek password juga berpengaruh loh. Selain menggunakan kombinasi karakter tertentu, pasword yang panjang juga salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi akunmu.

Sebab semakin panjang password yang kamu gunakan, maka kombinasinya akan semakin sulit ditebak, guys.

Minimal kamu bisa menggunkan delapan karakter sehingga kekuatan passwordmu akan tinggi. 

3. Hindari menggunakan password yang sama di beberapa akunmu

Jangan jadikan alasan 'mudah diingat' untuk menggunakan password yang sama di beberapa atau bahkan seluruh akunku.

Penggunaan password yang sama di beberapa atau bahkan seluruh akun sangat berisiko.

Jika hal ini terjadi dan password di salah satu akunmu berhasil diketahui oknum tak bertanggung jawab, bisa jadi mereka dengan mudah membobol akun lainnya. Duh, nggak mau dong sampai hal ini terjadi?

Jadi lebih baik gunakan password yang berbeda untuk setiap akun yang kamu miliki. Dan ingat, hindari juga membuat pola password yang berurutan untuk beberapa akun. Misal Password01, Password02, dan seterusnya. 

4. Sering mengganti password tak menjamin kemananan akun

Mengganti password sesering mungkin telah jadi salah satu tips yang biasanya kita dengar. Tapi ternyata hal ini tak perlu dilakukan kalau loh, kecuali password salah satu akunmu sudah diketahui atau berhasil dibobol orang lian.

Menurut Microsoft, mengganti password secara berkala tak perlu dilakukan karena hal ini makin merepotkan pemilik akun.

Coba hitung berapa akun yang kamu miliki, pasti repot kalau harus menggantinya satu per satu setiap beberapa waktu sekali. 

Atau bisa juga karena saking bingungnya kamu sampai tak sengaja melakukan kesalahan, seperti mencatat password baru di tempat yang mudah diketahui orang lain atau. 

5. Gunakan aplikasi pengelola password

Terakhir dan gak kalah penting adalah menggunakan aplikasi password manager atau pengelola password.

Nah dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan password dengan aman daripada menulisnya di kertas atau tempat lain yang mudah hilang atau dicuri.

Aplikasi pengelola password bisa bantu kamu mengingat dan mengisikan password-passwordmu pada website yang berbeda-beda loh. Jadi kamu gak perlu repot-repot lagi mengingat satu per satu passwordmu.

Beberapa aplikasi password manager yang bisa kamu gunakan adalah LastPass, 1Password, Dashlane, dan banyak lagi lainnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait