Hot News

Jakarta - Guys, nggak terasa ya Hari Raya Idul Adha sudah di depan mata. Daging dari sapi dan kambing yang dijadikan sebagai hewan kurban biasanya akan dinikmati bersama kerabat dan keluarga.

Nah, terkadang nggak semua orang mahir dalam mengolah daging nih khususnya daging kambing yang khas dengan bau prengusnya. Padahal, jika disajikan dengan benar, daging kambing bisa menjadi santapan yang benar-benar nikmat loh guys seperti sate, gulai dan olahan kambing guling.

Meskipun jadi kesulitan tersendiri, namun nggak usah khawatir karena Urbanasia bakal kasih tips nih buat kamu yang ingin mengolah daging kambing agar tidak prengus.

Chef Freddy Demianus, Executive Chef dari Echo Beach Club Canggu Bali menjelaskan, untuk menghilangkan bau prengus ada beberapa cara yang bisa lakukan nih tergantung hidangan apa yang ingin kamu olah. Kita simak yuk!

1. Jangan Dicuci

1596087238-lamb-3032042-640.jpgSumber: Ilustrasi daging kambing. Sumber: Pixabay

Mencuci daging kambing segar dengan air yang mengalir rupanya enggak disarankan loh guys. Menurut Che Freddy, air yang menyerap ke dalam daging justru akan membuat bau prengus makin tidak hilang.

"Daging kambing justru jangan dicuci biar nggak makin prengus dan nggak cepat busuk," ujarnya kepada Urbanasia, Kamis (30/7/2020).

Maka dari itu sebaiknya daging kambing jangan dicuci. Lebih baik untuk langsung merebus daging kambingnya. Karena merebus daging kambing yang dalam keadaan belum dicuci akan mampu mengurangi bau amis pada daging kambing, guys.

2. Lumuri Jeruk Nipis

1596087255-lamb-steak-3406866-640.jpgSumber: Ilustrasi daging kambing. Sumber: Pixabay

Cara selanjutnya adalah dengan memberi siraman jeruk nipis secukupnya ke daging kambing. Nah, nggak cuma jeruknya aja guys,  tapi daunnya juga bisa membuat daging lunak sertamenghilangkan bau prengus loh.

"Lumuri jeruk nipis secukupnya, diamkan kurang lebih 30 menit," kata Chef Freddy.

Tak hanya untuk mengurangi baunya, jeruk nipis juga berfungsi untuk mematikan bakteri yang ada di dalam daging kambing.

3. Beri Nanas Muda

1596087262-pineapple-636562-640.jpgSumber: Ilustrasi nanas. Sumber: Pixabay

Cara lain agar bau prengus hilang adalah dengan menggunakan nanas guys. Namun, Chef Freddy menganjurkan untuk menggunakan nanas muda yang diparut lalu potongan daging kambing ke dalamnya untuk marinasi.

Setelah itu diamkan selama 10 menit hingga 30 menit dan pastikan semua daging bisa terendam. Ingat, jangan terlalu lama ya guys karena daging kambing akan hancur jika terlalu lama direndam.

"Getah dari nanas muda juga ampuh untuk menghilangkan prengus daging kambing, selain itu juga membuat daging lebih empuk," lanjutnya.

4. Rebus dengan Banyak Rempah

1596087269-wood-2631780-640.jpgSumber: Ilustrasi bumbu dapur. Sumber: Pixabay

Nah, jika ingin membuat hidangan berkuah, ada cara praktis yang bisa dilakukan loh, Urbanreaders yakni dengan memperbanyak rempah saat merebus daging.

Kamu bisa menambahkan bawang putih, kemangi, serai, ketumbar atau jahe ke dalam air rebusan daging kambing.

5. Taburi Garam

1594473676-makanan-tinggi-garam.jpgSumber: Freepik

cara simpel lainnya adalah kamu bisa menaburi daging kambing dengan garam. Caranya, kamu bisa melumuri permukaan daging dengan garam dan diamkan selama 60 menit.

Taburan garam akan meresap dan menetralkan bau darah kambing. Hal ini juga bisa dilakukan jika kamu sudah terlanjur mencuci daging kambing, guys.

6. Hilangkan Lemak

1596087247-lamb-cutlet-3276080-640.jpgSumber: Ilustrasi daging kambing. Sumber: Pixabay

terakhir, cara menghilangkan bau pada daging kambing yaitu dengan menyingkirkan kandungan lemak pada daging kambing.

"kandungan lemak juga salah satu yang membuat daging bau prengus," ungkap Chef Freddy.

Cara ini juga bisa bisa mengurangi alot dan bau pada daging kambing.


 


Loading ..