menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Tips Sedekah Online Aman di Bulan Ramadan

Nivita Saldyni,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Sedekah Online Aman di Bulan Ramadan
Image: Ilustrasi sedekah online. Sumber: Humas Baznas

Jakarta - Saat bulan Ramadan banyak umat muslim berlomba-lomba melakukan amalan yang dicintai Allah SWT, termasuk sedekah. Bahkan, meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya terkendali kita tetap bisa melakukan amalan-amalan baik, salah satunya sedekah secara online.

Sedekah online seakan sudah menjadi tren baru di tengah pandemi COVID-19. Apalagi saat ini sudah banyak platform dan situs yang menawarkan penggalangan dana online. Bahkan kini sudah banyak masjid yang menyediakan fasilitas sedekah online untuk jamaahnya. 

Hal ini tentu semakin memudahkan kita, apalagi sedekah jadi bisa dilakukan dengan cepat, kapan saja dan di mana saja. Hanya bermodal smartphone, koneksi internet, dan saldo yang cukup tentunya.

Namun sedekah secara online pun tak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kamu yang ingin bersedekah secara online dengan aman. Berikut tips yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber:

1. Kenali lembaga penyedia aplikasi

Sebelum bersedekah, pastikan kamu mengecek kredibilitas penyedia atau pembuat aplikasi donasi dan zakat online tersebut. Cek nama lembaga tersebut di internet dan pastikan bahwa mereka benar-benar penyedia jasa yang terpercaya. Agar semakin yakin, cek rekam jejak mereka. Cari juga testimoni pengguna lain yang telah melakukan sedekah di aplikasi tersebut.

2. Pastikan aplikasi yang diakses asli dan terpercaya

Penipuan banyak terjadi di era digital ini, misalnya saja banyak aplikasi palsu yang beredar. Sehingga kamu pun perlu waspada saat akan melakukan sedekah secara online. Pastikan aplikasi yang kamu gunakan asli dan aman, caranya dengan undur dari website resmi lembaga penyedia tersebut. Atau bisa juga unduh langsung dari Google Play Store atau App Store.

3. Cek rekening penghimpun dananya

Ketimbang nama pribadi, rekening atas nama lembaga bisa lebih dipercaya. Untuk itu penting kamu cek nama di rekening penghimpun dana yang bakal kamu kirimi uang. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penipuan yang berkedok donasi online.

4. Cek dan telusuri tujuan penyaluran dana

Sedekah secara online biasanya memberikan laporan yang transparan. Kamu pun memiliki bukti transaksi setelah bersedekah. Ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu sehingga bisa memberikan bantuan untuk mereka yang membutuhkan di mana pun mereka berada. Nah untuk itu kamu perlu juga nih mengecek informasi tentang dana tersebut. Apalagi beberapa aplikasi sudah dilengkapi dengan fitur penyedia informasi penggunaan dari dana yang terkumpul. 

Nah itu dia empat tips bersedekah secara online. Semoga bermanfaat dan selamat menempuh ibadah puasa Ramadan bagi Urbanreaders yang melaksanakan!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait