Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Tutorial Lengkap Cara Screenshot di Laptop Windows dan Macbook

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tutorial Lengkap Cara Screenshot di Laptop Windows dan Macbook
Image: Ilustrasi penggunaan laptop saat WFH. (Pixabay)

Jakarta - Fitur screenshot bukan hanya dimiliki ponsel saja, tapi juga terdapat di laptop. Tapi sayang masih banyak yang belum tahu cara screenshot di laptop, baik itu Windows dan Macbook.

Memang gimana sih cara screenshot-nya? Jawaban paling mudah yaitu menggunakan tombol 'prt sc' alias print screen di laptop Windows. 

Sayangnya, ada beberapa laptop yang nggak bisa menangkap potret layar dengan tombol tersebut. Kalau kamu termasuk yang nggak bisa menggunakan tombol 'prt sc', kamu bisa menggunakan cara ini.

1. Screenshot Laptop Windows

1631680528-keyboard-windows.jpgSumber: Ilustrasi laptop Windows. (Pixabay/tookapic)

- Tombol Alt + Prt Sc

Kalau hanya dengan tombol 'prt sc' tidak bisa, kamu bisa coba dengan tekan tombol Alt dan prt sc bersamaan. Kalau sudah buka aplikasi gambar seperti Paint, lalu salin gambar yang sudah dijepret.

Namun untuk beberapa laptop Windows, kalian perlu menekan tombol Alt + Fn + PrtScr. Dua cara ini bisa menangkap gambar jendela layar yang tengah aktif. 

- Tombol Windows + Prt Sc

Kalau nggak mau repot menyalin gambar jepretan ke Paint, kalian bisa langsung mengambil screenshot dengan menekan tombol Windows + Prt Sc. Dengan cara ini, hasil jepretan akan langsung tersimpan di direktori.

Tapi perlu diingat, yang bisa menggunakan cara ini hanya laptop Windows 10 saja. Kalau kamu belum Windows 10, cara ini tidak akan bisa dilakukan.

- Tombol Windows + Shift + S

Kombinasi tombol tersebut juga bisa dilakukan kalau kamu ingin screenshot layar. Nanti di komputer akan muncul ikon plus, sehingga kamu tinggal mengarahkan kursor untuk memilih area yang akan kamu jepret.

Hasilnya akan tersimpan di clipboard. Dan untuk melihat hasil jepretannya, kamu bisa menyalinnya ke aplikasi Paint.

- Xbox Game Bar

Untuk pemilik Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk men-screenshot layar game yang diinginkan. Caranya, tinggal tekan tombol 'Ambil', lalu klik ikon kamera untuk screenshot.

2. Screenshot Laptop Macbook

1631680534-laptop-macbook.jpgSumber: Ilustrasi Macbook. (Pixabay/Pexels)

Berikut langkah-langkah mengambil jepretan layar di Mac seperti dilansir Urbanasia dari situs support Apple, Rabu (15/9/2021).

Screenshot Seluruh Layar

- Tekan bersamaan tombol Shift, Command, dan 3 bersamaan untuk screenshot seluruh layar.

- Saat melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit hasil jepretan. Atau diamkan saja hingga jepretan layar tersimpan di desktop.

Screenshot Sebagian Layar

- Klik bersamaan tombol Shift, Command, dan 4.

- Tarik kursor untuk memilih area layar. Untuk memindahkan area yang dipilih kamu perlu tekan bar Spasi sambil menarik kursor. 

- Saat muncul gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot. Atau diamkan saja hingga jepretan layar tersimpan di desktop.

Screenshot Jendela Layar

- Pilih jendela atau menu yang ingin di-screenshot

- Klik bersamaan tombol Shift, Command, 4, dan bar Spasi. Nanti kursor akan berubah jadi ikon kamera. 

- Klik jendela atau menu untuk mengambil jepretan. Untuk mengecualikan bayangan jendela, tekan dan tahan tombol Option saat mengeklik.

- Begitu kamu melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit hasilnya. Atau tunggu saja hingga jepretan layar tersimpan di desktop.

Semua jepretan layar itu otomatis akan tersimpan di desktop. Misalnya kamu ingin membatalkan screenshot yang kamu ambil, cukup tekan tombol Esc (Escape).

Selamat mencoba, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait