beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Uang Puluhan Juta Milik Penjaga SD di Solo Rusak Dimakan Rayap, Ini Respons BI

Putri Rahma,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Uang Puluhan Juta Milik Penjaga SD di Solo Rusak Dimakan Rayap, Ini Respons BI
Image: Uang puluhan juta rupiah milik Samin rusak dimakan rayap. (Dok. ANTARA)

Jakarta - Tabungan uang puluhan juta milik Samin yang merupakan seorang penjaga SD Lojiwetan Solo rusak dimakan rayap. Rencananya, uang tersebut akan digunakan untuk keperluan daftar haji.

Samin mengatakan uang tersebut merupakan hasil dari menabung selama 2,5 tahun terakhir. Ia mengaku menyimpan uang tersebut di dalam lemari dan baru tersadar telah dimakan rayap.

"Tadi pagi kurang lebih jam 9 sempat dibuka, dan ternyata yang satu sudah dimakan rayap dan yang satu alhamdulillah aman. Rencananya punya niatan untuk daftar haji," kata Samin dikutip Urbanasia dari ANTARA, Rabu (14/9/2022).

Samin dan istri pun membawa uang kertas rusak ke perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo.

Kepala Kantor Perwakilan (KPW) BI Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan uang tersebut masih dapat diganti, tapi dengan syarat di antaranya, uang asli dan harus memiliki luasan minimal 2/3 bagian atau 68 persen dari ukuran penuh.

“Penggantian itu harus memiliki size (ukuran) minimal 2/3 dari ukuran penuh. Mengapa harus 2/3, karena agar tidak ada double claim. Dan melihat uang yang sudah seperti ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah harus menyusun uang ini dan diukur apakah 2/3 atau tidak,” jelas Nugroho.

Dari kejadian itu, pihak BI mengimbau kepada masyarakat untuk menyimpan uang di bank agar aman dan terjamin. BI pun memberikan pelayanan uang rusak setiap hari Kamis dengan kuota terbatas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait