URtech

Update iOS 14 Bikin Game Fortnite Hilang dari iPhone, Kenapa?

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Update iOS 14 Bikin Game Fortnite Hilang dari iPhone, Kenapa?
Image: Buntut perselisihan Apple dan Epic Game, bikin Fortnite terhapus bila gamer mengupdate iOS 14. (Screenrant)

Jakarta - iOS 14 memang menghadirkan banyak fitur baru. Tapi jangan coba-coba menginstalnya bila kamu memainkan Fortnite.

Sebab game tersebut bakal ngilang dari iPhone seketika kamu mengupdate iOS 14. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Epic Games di akun Twitter resmi mereka.

"Pemain Fortnite iOS yang memperbarui ke iOS 14 dapat kehilangan akses ke Fortnite. Jika muncul pesan 'Temporarily Remove Apps to Install the Software Update?' kalu menekan diterima, ini dapat mengakibatkan Fortnite terhapus. Fortnite nantinya tidak dapat diinstal ulang karena Apple mencegah pengguna melakukannya," tulis mereka.

Epic Games menganjurkan memilih tombol cancel. Kemudian pergi ke Pengaturan> Umum> Penyimpanan iPhone untuk mengosongkan ruang. Barulah mereka dapat mengupdate ke iOS terbaru.

Seperti kita ketahui, Epic Games dan Apple tengah berseteru. Bermula  Epic Games merilis mekanisme pembayaran langsung baru di dalam game yang dirancang untuk melewati sistem pembayaran App Store, di mana Apple mengambil 30%.

Apple kemudian menghapus Fortnite dari App Store dengan alasan Fortnite melanggar aturannya. Tidak terima, Epic Games menggugatnya dalam upaya untuk memaksa Apple mengubah praktik bisnisnya.

Awal September lalu Apple bahkan telah menghapus sementara akun Epic Games di App Store. Keputusan ini keluar di tengah perang hukum terkait pedoman pembayaran dalam aplikasi serta tuduhan monopoli.

Dengan dihapusnya akun Epic berarti pengguna iPhone tidak akan dapat download Fortnite atau game lainnya yang dibesut Epic Games yang ada di App Store.

Pemain yang telah mengunduh game Epic Games masih dapat bermain. Hanya saja mereka tidak dapat lagi melakukan pembelian dalam aplikasi dengan sistem pembayaran Apple, termasuk juga update Season 4 bertema Marvel.

Apple mengatakan akan mengizinkan "Fortnite" kembali ke toko aplikasi App Store jika Epic Games menghapus fitur pembayaran langsung tersebut. Namun, Epic menolak, mengatakan bahwa mematuhi permintaan Apple akan "berkolusi dengan Apple untuk mempertahankan monopoli mereka atas pembayaran dalam aplikasi di iOS." 

Komentar
paper plane