beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Viral Wanita Ini Idap Gagal Ginjal dan Sering Cuci Darah, Jarang Minum Air Putih?

Nivita Saldyni,
5 Agustus 2022 11.03.08 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral Wanita Ini Idap Gagal Ginjal dan Sering Cuci Darah, Jarang Minum Air Putih?
Image: Foto DN (26), penderita gagal ginjal kronis yang viral usai bagikan cerita rutinitasnya cuci darah. (TikTok @dynnnp)

Jakarta - Seorang wanita muda berinisial DN (26) asal Bandung menarik perhatian netizen setelah rutin membagikan aktivitasnya cuci darah setiap hari karena mengidap gagal ginjal kronis. Sejak divonis gagal ginjal di 2021, DN tampak rutin membagikan konten tentang perjuangannya menghadapi penyakit tersebut lewat TikTok.

Dilansir dari akun TikTok @dynnnp, DN mengaku awal mulanya ia terkena hipertensi. Namun menurutnya, penyakit ini menyerang secara 'diam-diam' karena penderita biasanya tak ada keluhan apapun. Namun menurutnya, biasanya gejala awal baru muncul saat kondisi ginjal pasien sudah rusak parah.

"Mual-mual, muntah, hilang nafsu lambung makan kirain sakit lambung, ternyata nggak. Bolak-balik rumah sakit, dirawat ternyata kadar racun dalam tubuh udah tinggi dr nyaranin buat segera dirawat karena kalo engga bisa kejang-kejang bahkan sampai dead end (meninggal). Sampai akhirnya dr diagnosa kalo ginjal udah ga berfungsi dan harus pasang selang untuk bantu proses pembersihan racun manual (pengganti ginjal)," ungkap DN seperti dikutip Urbanasia pada Jumat (5/8/2022).

"Kasus aku awal mulanya dari hipertensi (tekanan darah tinggi). Kasus yg lain banyak juga penyebabnya, bisa dari diabetes juga. Menurut medis buat kerusakan ginjal kronis itu terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun dan penderitanya gak akan ngerasain apa-apa. Biasanya gejalanya muncul waktu kondisi ginjal udah bener-bener rusak," jelasnya menjawab pertanyaan salah satu netizen.

DN menjelaskan, hipertensi yang dideritanya membuat gejala yang dirasakan semakin buruk. Kini karena kondisinya itu, DN harus cuci darah rutin setiap hari untuk mengganti fungsi ginjalnya yang tak bisa bekerja dengan baik lagi.

Nah pasien gagal ginjal di usia muda sering kali dikaitkan dengan kebiasaan jarang minum air putih. Apakah hal ini juga terjadi pada DN?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait