beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Wah, Tampon dan Pembalut Bakal Tersedia Gratis di Skotlandia

Kintan Lestari,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wah, Tampon dan Pembalut Bakal Tersedia Gratis di Skotlandia
Image: Model wanita. (Ilustrasi/Pixabay)

Edinburgh - Tampon dan pembalut jadi hal penting buat wanita. Setiap bulan kita pasti menyisihkan uang untuk membeli barang-barang tersebut.

Nah para wanita di Skotlandia beruntung banget karena mereka nggak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tampon dan pembalut.

Soalnya parlemen Skotlandia sudah meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Produk Menstruasi setelah mendapat perolehan suara 112 banding 0, dan satu abstain.

Dengan lolosnya RUU tersebut, maka Skotlandia jadi negara pertama yang menyediakan produk pembalut wanita secara gratis.

Baca juga: Asyik Banget, Di Kopenhagen Bisa Makan Buah Gratis Sepuasnya!

Sebelumnya di Skotlandia, pembalut dan tampon dikenakan pajak barang mewah. Kemudian dewan perwakilan Skotlandia, Monica Lennon, menyampaikan usulan yang mengatakan produk-produk untuk menstruasi bukanlah barang mewah.

Melansir VOA, nilai pajak untuk produk menstruasi mencapai $31 juta atau sekitar Rp 443 miliar per tahun.

Tahun 2018 lalu, Skotlandia juga membuat kebijakan nasional yang memastikan ketersediaan produk-produk menstruasi di lingkungan sekolah dan universitas.

Apabila benar-benar digratiskan, diperkirakan dana yang dikeluarkan per tahunnya sebesar £24,1 juta atau lebih dari Rp 435 miliar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait