Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Waktu dan Wilayah untuk Menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian 19 November

Putri Nur Aisyah,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waktu dan Wilayah untuk Menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian 19 November
Image: Ilustrasi Gerhana Bulan (Freepik: wirestock)

Jakarta - Gerhana bulan sebagian diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada 19 November 2021 mendatang.

Dikutip dari laman resmi milik Pusat Sains Antariksa LAPAN, gerhana bulan sebagian ini akan berlangsung selama 3 jam 29 menit 2 detik.

Melihat waktu berlangsungnya, fenomena ini menjadi gerhana yang cukup panjang di antara gerhana lainnya, ditambah dengan durasi penumbra selama 6 jam 5 menit 8 detik.

Fase awal gerhana bulan sebagian akan terjadi pada pukul 14.18 WIB dan puncaknya akan berada pukul 16.02 WIB.

Menurut Pusat Sains Antariksa LAPAN, tidak semua bagian dari Indonesia dapat melihat puncak dari gerhana bulan setengah ini, guys.

Dikatakan, hanya Provinsi Papua Barat (kecuali Kab. Kep. Raja Ampat), Provinsi Papua, dan sebagian Provinsi Maluku yang dapat melihat puncak gerhana bulan ini.

Fase puncak gerhana ini dapat diamati di arah Timur-Timur Laut dekat Pleiades konstelasi Taurus.

Sementara, daerah yang dapat melihat fase akhir gerhana bulan setengah ini adalah daerah Pulau Papua, Kep. Maluku, Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan, Nusa Tenggara, Pulau Madura, Bali dan Jawa (kecuali Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, dan beberapa wilayah Provinsi Jawa Barat).

Dalam gerhana bulan yang akan terjadi tanggal 19 November nanti, gerhana akan memiliki magnitudo gerhana sebesar 0,9785,  yang berarti hanya 97,85% lebar bulan yang tertutupi oleh Umbra bumi.

Gerhana bulan sebagian ini sebelumnya pernah terjadi pada 17 Juli 2019 dan nantinya diprediksikan akan terjadi kembali pada 29 Oktober 2023.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait