Hot News

Deliserdang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara telah memasang alat pendeteksi gempa bumi terbaru di kawasan pantai timur di Kelurahan Ujung Bandar, Rantau Selatan, Labuhan Batu, Sumatera Utara, guys.

Alat pendeteksi gempa terbaru ini dapat mendeteksi dengan cepat dan akurat jika terjadi getaran maupun guncangan gempa di kawasan tersebut. 

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deliserdang, Teguh Rahayu menyampaikan bahwa pemasangan alat pendeteksi gempa tersebut sudah selesai dipasang dan sudah dioperasikan. 

1593708129-Pendeteksi-gempa-deliserdang.jpgSumber: "BMKG Deliserdang pasang sensor pendeteksi gempa terbaru di pantai timur (ANTARA)"

Alat tersebut dipasang pada koordinat 99.85 Bujur Timur (BT) dan 2.066 Lintang Utara (LU) degan kode RLSI ini dipasang untuk menggantikan sensor lama dengan kode RPSI di Kabupaten Labuhanbatu yang berkoordinat pada 99.83 BT dan 2.07 LU.

Alat pendeteksi RLSI dibangun untuk meng-cover kekosongan jaringan seismik di pesisir timur sehingga jika gempa bumi terjadi di wilayah pesisir timur alat pendeteksi dapat menganalisisi dan menghasilkan data dengan cepat dan akurat. 

"Sensor baru 'broadband' tersebut telah memberikan hasil nyata analisis kegempaan dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Rekaman signal yang dihasilkan oleh sensor RLSI ini telah menunjukkan kinerja yang baik," beber Teguh. 


Loading ..