Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Wow, ITS Akan Punya Pusat Belajar dan Laboratorium Artificial Intelligence

Nivita Saldyni,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wow, ITS Akan Punya Pusat Belajar dan Laboratorium Artificial Intelligence
Image: Humas ITS

Surabaya - Artificial Intelligence (AI) adalah salah satu inovasi yang sedang gencar dikembangkan saat ini. Hal serupa juga sedang dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk menyambut teknologi masa depan ini.

Salah satu yang dilakukan ITS adalah dengan membangun sebuah laboratorium dan pusat belajar AI atau AI Learning & Innovation Center. Rencana ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi canggih ini kepada generasi penerus bangsa sejak dini.

Kabar bahagia ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor IV ITS bidang Inovasi, Kerjasama, Kealumnian dan Hubungan Internasional, Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD beberapa waktu lalu.

Menurut Bambang, pentingnya pembelajaran AI harus dibarengi dengan konsep pembelajaran yang menarik.

“Dengan bermain, secara tidak langsung mereka dapat belajar juga,” katanya, Jumat (6/12/2019) lalu.

Baca Juga: ITS Bikin Sepeda Khusus untuk Terapi Pasien Pascastroke

Tentunya laboratorium dan pusat belajar AI ini nantinya diperuntukkan bagi pendidikan siswa SD sampai SMA. Sehingga harapannya, ilmu ini akan dapat membantu siswa kedepannya.

“Agar sudah mengenal dunia AI ini sebelum masuk kuliah, jadi saat kuliah nanti tidak kaget,” kata dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Rencana pendirian laboratorium dan pusat belajar AI di ITS itu juga sempat dicetuskan dalam Focus Group Discussion (FGD) bertemakan AI Learning and Practices yang bertempat di Oakwood Hotel & Residence Surabaya, Kamis (5/12) lalu.

Dalam forum diskusi ini dihadirkan para pakar dalam bidang kecerdasan buatan. Antara lain, Direktur AI Learning and Innovation Centre UMG IdeaLab Universitas Indonesia (UI) Dr Baiq Hana Susanti MSc, Wakil Direktur bidang Pengembangan Bisnis dan Inovasi Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran UI Prof Dr dr Budi Wiweko SpOG MPH, dan pakar IT dari Departemen Teknik komputer ITS Hariadi ST MSc PhD.

Sebelumnya diketahui bahwa telah berdiri Artificial Intelligence Center Indonesia (AICI) di UI hasil kerja sama dengan UMG Idea Lab yang akan diresmikan pada Maret 2020 mendatang.

Baca Juga: Wow! Ciptakan ES-PORT, ITS Raih Penghargaan di Korea Selatan

Selanjutnya, Baiq Hana mengungkapkan bahwa ITS adalah destinasi berikutnya bagi pendirian AICI tersebut yang juga bekerja sama dengan UMG Idea Lab.

“Kira-kira ruangan dan fasilitas seperti apa yang dibutuhkan, kami sudah siap,” katanya.

Namun untuk kepastian waktu realisasinya, ITS akan menunggu bagaimana respon dari implementasi AICI di UI yang sedang berjalan lebih dulu.

Kalau benar terlaksana, ITS nantinya akan menjadi rujukan pembelajaran AI di Jawa Timur nih. Kita doakan saja ya guys.(*)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait